Bupati Sulit Menangani Masalah Kemaritiman

0
311
Apri Sujadi

BINTAN – BUPATI Bintan H Apri Sujadi merasa kesulitan dalam menangani masalah sumber daya kemaritiman, kehutanan dan pertambangan. Karena, kewenangan sumber daya itu dari pemerintah provinsi. Sementara, potensinya berada di Kabupaten Bintan.

Sehingga, beberapa masalah kemaritiman dan potensi sumber daya lainnya, belum optimal ditangani Pemkab Bintan. Menurut H Apri Sujadi, Pemkab Bintan memiliki keterbatasan kewenangan, seperti halnya menangani persoalan tambang pasir darat maupun tambang timah, yang muncul, baru-baru ini. Begitu juga dengan masalah penggundulan hutan yang terjadi di Kabupaten Bintan. Termasuk persoalan potensi kemaritiman di Bintan.

”Persoalan pertambangan dan kelautan serta kemaritiman ini, kita hanya bisa melaporkan dan berkoordinasi ke Pemprov Kepri. Namun, kita tidak memiliki kewenangan untuk menyelesaikan persoalan tersebut,” ujar H Apri Sujadi, Minggu (8/4) kemarin.

H Apri Sujadi menyadari, banyak menerima laporan dari masyarakat, mengenai masalah sumber daya itu. Seperti keluhan nelayan lokal, dalam mengatasi nelayan luar yang masuk ke Bintan. Begitu juga dengan keluhan pengusaha, dalam mengekspor ikan untuk mendapatkan harga jual yang tinggi. Termasuk penyediaan garam, yang mesti diimpor dari luar negeri.

”Contoh lain, melalui SMS yang masuk, ada yang bilang, pak itu lahan kita habis ditebangin. Lalu, ada juga yang bilang, pak itu lahan kita habis ditambang. Terus ada yang mengusulkan, agar kita membuat Balai Latihan Kerja (BLK). Sementara, masalah ini menjadi kewenangan Pemprov Kepri,” jelas bupati.

Meski demikian, H Apri Sujadi akan mencari solusi. Bupati segera meminta kepada camat dan lurah, agar menyosialisasikan kepada masyarakat, terkait keterbatasan kewenangan tersebut. Sehingga, masyarakat menjadi lebih paham terkait implikasi dari kebijakan pemerintah, dalam pengawasan.

”Camat dan lurah sudah kita minta turun, bantu sosialisasikan ke masyarakat, mengenai kewenangan pemerintah daerah ini,” demikian disampaikan H Apri Sujadi, menanggapi aspirasi warga Bintan yang diterimanya. (YUSFREYENDI)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here