Bupati Telusuri Isu Jual Beli Pulau

0
709
INDAH: Pulau Bawah Anambas, salah satu kawasan wisata bahari di Kepri. f-dok

ANAMBAS – BUPATI Anambas Abdul Haris perintahkan seluruh camat untuk mengumpulkan seluruh arsip dan fotokopi surat kepemilikan tanah di beberapa pulau yang tidak berpenghuni.

Hal ini dilakukan, untuk mengetahui sejauh mana masyarakat memperoleh surat tanah tersebut. Hal itu didasari, dengan merebaknya isu penjualan beberapa tanah di pulau di wilayah Kabupaten Anambas.

Menurutnya, informasi yang beredar di kalangan masyarakat perlu ditanggapi serius, dengan adanya indikasi oknum pejabat mulai dari tingkat desa hingga kecamatan.

”Untuk itu, saya mau memastikan apakah desa hingga kecamatan telah menerbitkan surat tanah tanpa melalui mekanisme dan prosedur yang telah ditentukan. Saya khawatir surat yang dikeluarkan masih milik negara,” ujar Abdul Haris, Kamis (4/5).

Ia berharap, dengan menyurati camat untuk mengumpulkan seluruh fotokopi surat tanah yang ada, dan yang utaman lahan dikelola dengan baik.

”Kita khawatir ada oknum pejabat bermain jual beli tanah yang tidak bisa di pertanggungjawabkan,” ungkapnya.

Haris menyebutkan, jika ada masyarakat yang ingin menjual tanah di suatu pulau dengan luas yang besar, perlu dilakukan seleksi terlebih dahulu sebelum menerbitkan surat jual beli, karena ada aturan yang diberlakukan.(INDRA GUNAWAN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here