Bupati Terpana Melihat Kerangka Tulang Paus Raksasa

0
79
USMAN warga Desa Kukup, Kecamatan Tambelan memperlihatkan kerangka ikan paus, yang ditemukannya kepada rombongan Bupati Bintan H Apri Sujadi, saat melakukan kunjungan kerja, Jumat (20/4) kemarin. f-istimewa/kominfo bintan

Di Sela Kunjungan Kerja apri-dalmasri ke kecamatan Tambelan

TAMBELAN – Di sela kunjungan kerja ke Kecamatan Tambelan, Bupati Bintan H Apri Sujadi menyempatkan diri bersilaturahmi dengan warga, dari rumah ke rumah. Bahkan, bupati sengaja berkunjung ke rumah Usman (53) di Desa Kukup.

Bupati ke rumah Usman, tak hanya bersilaturahmi biasa. Tapi, H Apri Sujadi ingin melihat langsung seperti apa kerangka ikan paus yang ditemui Usman, belum lama ini. Saat berkunjung ke rumah Usman, usai salat Jumat berjemaah, Bupati Bintan H Apri Sujadi terpana atau terpukau, ketika melihat kerangka tulang ikan berukuran raksasa itu.

Bahkan, bupati sempat tidak mengenal kerangka ikan paus itu. Padahal sebelumnya, Dinas Kebudayaan Pemuda dan Olahraga Bintan menyatakan, tulang tersebut merupakan kerangka ikan paus, setelah diteliti oleh pihak terkait, baru-baru ini.

Bupati spontan ingin segera menghubungi instansi terkait, guna pengambilan langkah kebijakan selanjutnya. Bisa saja diletakan di museum bahari, atau dikelola dengan cara lain untuk dijadikan objek wisata. ”Kita belum tahu, ini tulang ikan apa. Namun tentunya, jika dilihat dari struktur tulang, hewan ini sangat langka,” ujar H Apri Sujadi, yang cukup terpana dengan ukuran kerangka tulang paus itu.

Kepada bupati, Usman menceritakan, awalnya ia menemukan kerangka ikan itu di pulau Pecundak, sekitar 5 kilo meter dari Desa Kukup. Usman menemukan kerangka tulang itu, setelah pulang mancing. Ia menemukan dalam kondisi terdampar, sekitar awal Februari 2018 lalu. Ia berinisiatif bersama nelayan sekitar, untuk membawa tulang ikan raksasa tersebut kerumahnya. ”Ukuran panjang kerangka ikan ini mencapai 13 meter. Namun, saya tidak tahu ini jenis ikan apa,” tutupnya. (fre)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here