Buruh Usulkan Anggaran Pelatihan

0
333
BURUH: Wakil Bupati Karimun Anwar Hasyim saat menerima kedatangan puluhan buruh di kantor Bupati Karimun, Senin (1/5). F-ALRION/TANJUNGPINANG POS

KARIMUN – WAKIL Bupati Karimun Anwar Hasyim menerima kedatangan puluhan buruh yang tergabung pada Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) Karimun di Kantor Bupati Karimun, Senin (1/5).

Puluhan buruh tersebut, dalam rangka peringatan Hari Buruh Sedunia yang bertepatan pada tanggal 1 Mei. Sebanyak 80 orang buruh datang dengan membawa spanduk bertuliskan permintaan kepada pemerintah daerah dan pemerintah pusat.

Di antaranya, para buruh meminta penghapusan tenaga kontrak, dan mencabut PP No 78 Tahun 2015, karena berpengaruh kepada penetapan UMK.

Selain itu, jaminan kesehatan gratis tanpa jaminan, nilai pensiun sama dengan pensiunan aparatur sipil negara (ASN) dan revisi PP No 45 tahun 2015 tentang jaminan pensiun.
Seorang pekerja bernama Surya mengatakan, kesempatan anak anak Karimun untuk bekerja atau diterima bekerja di perusahaan baik itu status sebagai karyawan tetap atau kontrak, masih sangat minim.

Hal itu terlihat dari banyaknya tenaga kerja dari luar Karimun yang bekerja di salah satu perusahaan di Karimun saat ini.

”Pemerintah harus mengalokasikan anggaran pelatihan tenaga kerja untuk dapat menjadikan anak Karimun yang siap bekerja sesuai dengan kebutuhan lapangan kerja,” ujar Surya.

Selain itu, menghapuskan perekrutan tenaga kerja dengan sistem magang, membangun balai latihan kerja (BLK) mengesahkan Ranperda tentang Tenaga Kerja untuk Karimun.
Wakil Bupati Karimun Anwar Hasyim yang sat itu menemui buruh mengatakan permintaan atau tuntutan buruh akan dibahas bersama dengan seluruh pihak terkait.

”Jika mampu, akan dipenuhi sesuai dengan kewenangan pemerintah daerah,” sebut Anwar Hasyim.(ALRION)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here