Butuh Rp 2 Miliar, Untuk Normalisasi PJU

0
265
PENGENDARA sepeda motor ketika melintas di Jalan Poros pada siang hari. F-ISTIMEWA

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karimun melalui dinas terkait akan melakukan peningkatan jaringan instalasi Penerangan Jalan Umum (PJU) di Jalan Soekarno-Hatta atau Jalan Poros, Karimun.

KARIMUN – ”Benar, saya telah mendapat laporan dari dinas terkait tentang kondisi PJU di Jalan Poros. Dimana, PJU di jalan itu banyak yang tidak berfungsi akibat jaringan bawah tanah yang kerap bermasalah. Sehingga, daya tahan bola lampu tidak sesuai dengan yang diharapkan,” kata Bupati Karimun Aunur Rafiq

Menurutnya, secara teknis ada pada dinas yang membawahi PJU. Laporan mereka mengatakan, lanjut Rafiq, idealnya dibutuhkan anggaran Rp 2 miliar untuk melakukan perawatan instalasi PJU di seluruh Kabupaten Karimun.

PJU yang berada di Jalan Poros kerap bermasalah, dan untuk mengatasi kerusakan dan merespon keluhan masyarakat tahun ini atau tahun depan akan dilakukan peningkatan jaringan secara menyeluruh.

Ia meminta dinas terkait untuk segera melakukan perhitungan dan pemeriksaan jaringan keseluruhan termasuk biaya perawatan per tahun. Selain itu, peningkatan sarana PJU juga dibutuhkan pendukung untuk mengatasi kerusakan baik lori, sparepart serta pengadaan store spareparts saat terjadi kerusakan bisa langsung diperbaiki bagian yang rusak.

”Untuk mengatasi persoalan itu, tidak menutup kemungkinan akan ada penambahan teknisi,” tambahnya.

Ia menambahkan, tidak ada unsur kesengajaan atau pembiaran dilakukan oleh dinas terkait.

”Mereka telah berusaha semaksimal mungkin melakukan perbaikan dan rutin memeriksa jaringan. Keterbatasan anggaran perawatan, membuat tidak bisa melakukan perbaikan secara menyeluruh,” ungkapnya.

Sebelumnya, warga Karimun mengeluhkan puluhan lampu Penerangan Jalan Umum (PJU) di Jalan Poros tidak menyala di malam hari. Sebab, di sepanjang jalan itu menjadi gelap gulita dan rawan kriminalitas.

Masyarakat menilai persoalan PJU terkesan dibiarkan tanpa ada upaya memperbaikinya.(ALRION)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here