Butuh Tiga Hari Bongkar Muat Satu Kapal

0
562
BONGKAR MUAT: Para pekerja kapal sedang bongkar muat barang di Pelantar II. f-raymon/tanjungpinang pos

Pelantar I dan II akan Digabungkan

TANJUNGPINANG – Pelantar II Tanjungpinang menjadi pelabuhan bongkar muat kapal dengan tujuan pulau-pulau di Kepri. Biasanya kapalnya membawa Sembako. Pantauan di lapangan, aktivitas padat dari pagi hari hingga sore hari. Hanya saja, satu kapal dapat diselesaikan dua sampai tiga hari. Sebab sistem kerja masih ada yasng manual dan crane. Para buruh bongkar muat dan tukang becak silih berganti memasuki pelabuhan Pelantar II.

Buruh pelabuhan, Urip mengatakan, setiap hari kapal dari berbagai daerah masuk melakukan bongkar muat. Barang yang dibawa berupa bahan sembako seperti indomi, beras, minyak goreng serta keperluan rumah tangga. ”Bongkar dan muat barang bisa memakan waktu dua sampai tiga hari untuk satu kapal,” katanya Senin (31/7).

Robi pegawai kapal menambahka, dalam waktu sebulan dua sampai tiga kali pengiriman barang semabako ke Natuna dan Anambas dengan menggunakan kapal kayu pembawa ikan.  Lalu di sana akan ada penampung atau tauke sejumlah sembako yang mendistribusikan ke para pedagang atau masyarakat di sana. ”Kebanyakan dari daerah pulau mengambil sembako dari Tanjungpinang, karena harganya lebih murah dan bongkar muatnya cepat, sebutnya.

Lanjutnya, dari pulau, kapal akan membawa ratusan peti fiber berisi ikan. Sesampainya ke Tanjungpinang ada tauke ikan yang ambil. ”Kapal akan menunggu penuh dahulu sembako barulah berangkat. Begitu juga ikan harus penuh dulu. Ini kan kapal barang, bukan kapal penumpang. Makanya waktu yang lama, dalam sebulan hanya 3-4 kali melakukan perjalanan,” ujarnya.

Ia berharap kondisi pelabuhan bisa segera di lebarkan, dengan demikian aktifitas bongkar muat bisa lebih efekti. Pemprov memiliki wancana akan mengabungkan Pelatar I dan II dengan tujuan mempercepat bongkar-muat barang dari kapal. Kini sedang tahap pembauatan DED, diharapkan segera terealisasi. Dengan demikian, barang sampai ke tangan masyarakat lebih cepat.(RAYMON)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here