Cabai Naik Rp12 Ribu Per Kilo

0
53
Pedagang sayuranLino sedang merapikan cabai merah di Pasar Bestari Bincen, Kamis (25/10). F-Andri Dwi S/tanjungpinang pos

Di tengah ekonomi yang lesu, harga cabai merah dan cabai rawit malah naik secara bertahap. Di Pasar Bintancenter cabai merah naik Rp12 ribu per kilogram. Semula, harganya Rp36 ribu per kilogram kini sudah Rp48 ribu.

TANJUNGPINANG – Harga cabai rawit juga naik Rp10 ribu per kilogram, dari Rp28 ribu per kilogram menjadi Rp38 ribu per kilogram.

”Sudah dua hari lalu cabai merah dan rawit naik. Ini harga grosir ya,” kata salah satu pedagang Pasar Bestari Bincen, Lino kepada Tanjungpinang Pos, Kamis (25/10).

Naiknya harga cabai, kata Lino, disebabkan oleh cuaca yang tidak menentu. Terkadang hujan, terkadang panas, membuat hasil panen petani tak maksimal.

Kondisi seperti ini, membuat kurangnya petani yang biasanya bisa menghasilkan satu haktare bisa berton-ton, karena bunga cabai petani di Jawa gugur, jadi panen tak maksimal. ”Akibatnya stok cabai yang dikirim agen dari Pulau Jaya berkurang. Harga naik,” bebernya.

Sambung dia, naiknya harga cabai juga disebabkan biaya transportasi udara sudah mengalami kenaikan khususnya ongkos kirim dari Jawa ke Tanjungpinang. Karena, tingginya dolar juga mempengaruhi naiknya biaya pengiriman cabai mengunakan kargo udara.

”Biaya kargo udara sudah naik bang, jadi pedagang juga kena imbasnya,” ucap dia.

Kenaikan dua jenis komoditi cabai, tidak mempengaruhi dengan komoditi lainnya. Bawang merah Jawa, bawang merah India, bawang putih, kentang Medan, kentang Bukit Tinggi, jahe, kunyit, tomat, wortel dan terong, harganya stabil.

”Luar harga cabai, harga lainnya tetap normal,” bebernya. Misalnya, untuk harga bawang merah Jawa mencapai Rp28 ribu, bawang merah India Rp16 ribu, bawang putih Rp22 ribu, kentang Medan Rp12 ribu.

Kentang Bukit Tinggi Rp13 ribu, jahe Rp20 ribu, kunyit Rp 10 riu, tomat Rp 12 ribu, wortel Rp18 ribu dan terong Rp10 ribu.

”Harganya kadang turun kadang naik, melihat kondisi stok dan cuaca. Bisa-bisa satu hari harga bisa naik, bisa juga turun,” ujarnya. (ANDRI DS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here