Caleg Manfaatkan APK Tambahan

0
233
Terlihat dua APK milik caleg Kabupaten Bintan terpajang di pinggir jalan menuju ke Sei Enam, Kijang. f-Andri Dwi S/tanjungpinang pos

BINTAN – Calon anggota legislatif (caleg) Kabupaten Bintan telah manfaatkan Alat Peraga Kampanye (APK) tambahan. Baik itu APK tambahan jenis spanduk maupun baliho.

Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Bintan, Febriadinata mengatakan, Bawaslu tidak melarang caleg untuk memasang APK. Karena sudah masa kampanye Pemilihan Umum (Pemilu) serentak tahun 2019.

Kemudian, pemasangan APK milik caleg sesuai dengan zona yang sudah diberikan oleh pemerintah. Karena pemerintah yang memberikan zona pemasangan APK tersebut.

Selain itu, pemasangan APK milik caleg tidak mengurangi kuota dari masing-masing partai politik (Parpol). Karena setiap parpol diberikan kuota penambahan APK.

Setiap parpol hanya diperbolehkan menambah APK sebanyak 5 baliho dan 10 spanduk. Setiap jenis APK memiliki ukuran yang berbeda disaat cetak nanti.

APK jenis baliho memiliki ukuran 4 meter kali 7 meter. Sedangkan ukuran spanduk 1,5 meter kali 7 meter.

Pemasangan APK diberikan batasan. Setiap wilayah kelurahan maupun desa, hanya diperbolehkan memasang 5 baliho dan 10 spanduk per parpol.

Kalau terjadi kelebihan APK, Bawaslu Kabupaten Bintan langsung melakukan peneguran kepada parpol bersangkutan. Karena setiap hari Bawaslu mengawasi hingga mendata keberadaan APK tersebut.

”Kalau melebihi kuota penambahan APK, kita langsung lakukan peneguran kepada pengurus parpol bersangkutan. APK mana yang mau diturunkan,” ucap Febri kepada Tanjungpinang Pos, Kamis (15/11).

Untuk menghindari penertiban APK, ia sarankan, caleg untuk melakukan komunikasi dengan parpolnya masing-masing. Sehingga caleg dapat izin dari pengurus parpol tersebut.

”Karena sudah saya tanyakan langsung ke pengurus parpol. Caleg yang pasang APK dapat izin dari pengurus parpol,” terang dia.

Ia yakin, APK yang telah dipasang para caleg menggunakan anggaran pribadinya. Pasalnya, pemerintah melalui KPU tidak mengalokasikan anggaran untuk cetak APK milik caleg.

Hanya saja, peserta Pemilu yang mendapat fasilitas dari pemerintah melalui parpol. Peserta Pemilu yang dimaksud adalah parpol. ”Kita terus awasi hingga data APK,” sebut dia. (dri)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here