Caleg Ramai-ramai Urus Surat Kesehatan

0
309
Dokter di RSUP Raja Ahmad Tabib sedang memeriksa kesehatan salah satu Bacaleg, kemarin. f-Andri Dwi S/tanjungpinang pos

TANJUNGPINANG – Manajemen RSUD Raja Ahmad Tabib Provinsi Kepri Tanjungpinang telah menerbitkan ratusan surat keterangan, baik keterangan kesehatan jasmani, kesehatan rohani dan bebas narkoba. Surat ini salah satu syarat untuk masyarakat yang akan mengikuti pencalegkan di Pemilu Legislatif (Pileg) 2019 mendatang.

”Total keseluruhan sekitar 600 surat gitu yang sudah kita terbitkan,” kata Wakil Direktur RSUD Raja Ahmad Tabib, Provinsi Kepri, dr Elfiani Sandri, MpH kepada Tanjungpinang Pos, Kamis (12/7).

dr Elfiani Sandri mengatakan, masyarakat yang mau menjadi Bacaleg sudah mulai mengurus hingga melakukan pemeriksaan yang ditangani oleh tim medis rumah sakit, sejak 21 Juni 2018 lalu. Warga yang mengurus surat keterangan jasmani, kesehatan rohani dan bebas narkoba dilayani dengan maksimal oleh tim medis. ”Satu hari kita sampai melayani sekitar 130-an orang yang mengurus surat keterangan tersebut,” ucap dia.

Sambung dia, pemeriksaan yang dilakukan tim medis ada juga dilakukan di laboraturium. Seperti cek darah rutin, urin rutin, kimia darah meliputi gula darah, fungsi hati, fungsi ginjal. Kalau pemeriksaan di radiologi, seperti rontgen thorax dan rekam jantung sering disebut EKG.

Kalau pemeriksaan kesehatan rohani, seperti tes psikometri sering dikenal dengan sebutan Minnesota Multiphasic Personality Inventory (MMPI). (dri)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here