Caleg Tersangka Ujaran Kebencian

0
131
AKP Efendri Alie
Pihak Polres Tanjungpinang menetapkan satu calon legislatif (Caleg) dari Tanjungpinang Timur inisial SD ditetapkan menjadi tersangka ujaran kebencian yang diatur Undang-Undang Informasi Transaksi Elektronik (ITE).

TANJUNGPINANG – Kepala Satuan Reserse Kriminal (Satreskrim) Polres Tanjungpinang AKP Efendri Alie mengatakan, penetapan SD menjadi tersangka karena telah menyebar kabar bohong seputaran kegiatan Millennial Road Safety Festival (MRSF) yang diselenggarakan Polda Kepri melalui media sosial.

”Untuk pemberkasan sudah hampir rampung dan akan diserahkan kepada jaksa,” katanya, Rabu (20/3).

Efendri menyebutkan, semua orang sudah tahu stiker yang dibagikan atau disebarkan melalui helikopter adalah imbauan dari Polda Kepri untuk masyarakat agar 17 April tidak golput dan mengajak untuk mengunakan hak pilih.

”Kalau boleh kami pinjam istilah diplesetkan bahwa yang disebar itu brosur caleg sehingga itu adalah berita hoaks,” sebutnya.

Dalam kasus ini, pihaknya memilik dua alat bukti baik ahli bahasa, ahli pidana, tangkapan layar dari Facebook, poster atau stiker yang dibagikan dan saksi-saksi lain.

”Kita yakin perkara ini tetap maju,” jelasnya.

Efendri mengatakan tersangka tak ditahan karena koperatif. Tersangka diancam dengan UU ITE pasal 28 ayat 1 dan Jo pasal 14 ayat 1 UU Nomor 1 tahun 1946. ” Ada 8 orang saksi yang sudah dimintai keterangan dalam perkara ini,” ujarnya.(RAYMON SANDY)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here