Calon Dirut BUP Harus Ngerti Kemaritiman

0
688
Kapal Lintas Kepri saat parkir di salah satu dermaga di Kampung Bugis. Kapal merupakan bisnis yang dikelola BUP Kepri saat ini.F-suhardi/tanjungpinang pos

TANJUNGPINANG – Anggota DPRD Kepri memberi gambaran agar calon Dirut Badan Usaha Pelabuhan (BUP) PT. Pelabuhan Kepri orang yang ngerti bisnis, punya relasi dan paham kemaritiman.

Meskipun menjadi sorotan DPRD Kepri terkait proses seleksi BUP PT. Pelabuhan Kepri, Gubernur Kepri, H Nurdin Basirun justru belum membuat kebijakan apapun terkait persoalan tersebut.

”Belum ada keputusan yang dibuat, masih dievaluasi. Yang jelas, belum ada jaminan peraih nilai terbaik menjadi Direktur Utama,” ujar Gubernur Nurdin, belum lama ini.

Mantan Bupati Karimun dua periode tersebut menjelaskan, ia menginginkan figur yang memimpin BUP Kepri bisa berbuat lebih baik dan memberikan kontribusi dalam mengisi pembangunan di daerah.

Baca Juga :  Kawula Muda Harus Sigap Siaga Bencana Sejak Dini

Menurutnya, BUP Kepri bisa menjadi tulang punggung Pemprov Kepri dalam mengelola potensi daerah di bidang kemaritiman. ”BUP Kepri punya tanggung jawab besar ke depan. Tentunya kita harus mempersiapkan pemimpin BUP yang profesional,” tegas Gubernur.

Sementara itu, anggota Komisi III DPRD Kepri, Surya Makmur Nasution mengatakan, DPRD melihat sejauh ini, belum ada kontribusi yang diberikan BUP Kepri untuk Provinsi Kepri.

Menurutnya, jika pendapatan usaha yang dikelola tidak lagi menggerus modal untuk menutupi operasional tentu sedikit lebih baik.

Baca Juga :  Tanpa Bawa Emas, Atlet Tidak Boleh Pulang

”Memang kiprah BUP belum maksimal. Karena terhambat oleh regulasi. Seperti belum dapatnya Kepri untuk mengelola ruang laut dalam 12 mil sesuai ketentuan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014,” ujar politisi Partai Demokrat itu.

Legislator Dapil Batam itu menjelaskan, ada beberapa kriteria yang menurutnya ideal untuk menjadi pimpinan di jajaran BUP Kepri ke depan. Pertama harus memiliki kecakapan dalam bidang usaha kemaritiman. Kedua punya koneksi dan relasi bisnis. Kemudian adalah militan dalam bekerja.

”Kriteria-kriteria seperti ini kita butuhkan untuk menjalankan roda PT. Pelabuhan Kepri. Karena tuntutan dibentuknya BUP adalah sebagai tulang punggung percepatan pembangunan daerah,” papar Surya Makmur. (ais)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here