Calon Haji Jangan Terpisah di Mekkah

0
607
Gubernur Kepri H Nurdin Basirun menghadiri halalbihalal pengurus LAM serta pelepasan Jamaah Calon Haji 2018 di Gedung LAM Tepi Laut, Tanjungpinang, Kamis (5/7). f-istimewa/humas pemprov kepri

Gubernur Kepri H Nurdin Basirun melepas calon haji Tanjungpinang. Pada kesempatan itu, Nurdin berpesan jangan terpisah dari rombongan saat menjalankan ibadah di Tanah Suci di Mekkah.

DOMPAK – ”Kita harapkan calon jamaah haji tetap menjaga kebersamaan dalam ikatan rombongan, supaya tidak ada yang terpisah ataupun tertinggal dari rombongan serta jadikan kita rombongan itu seperti anak beranak,” ujar Nurdin halalbihalal pengurus LAM serta pelepasan Jamaah Calon Haji 2018 di Gedung LAM Tepi Laut, Tanjungpinang, Kamis (5/7).

Nurdin juga mengimbau kepada para jemaah haji agar selama ibadah di Tanah Suci menjaga kesehatan. Itu bisa dilakukan dengan menjaga pola makan dan minum, termasuk mengatur istirahat yang cukup. ”Yang penting, menata kesabaran. Ibadah haji merupakan ibadah yang berbeda, dan segala hal yang diwajibkan,” kata Nurdin.

Baca Juga :  Titel Bukan Patokan Seseorang Lebih Baik

Nurdin juga menitipkan doa kepada calon jemaah haji, untuk Kepri. Agar nanti ke depannya menjadi daerah yang sejahtera, masyarakat aman, damai dan sentosa, menjadi ikon wisata sejarah maritim dunia yang tidak kalah pentingnya menjadi Kepri ikon negeri islami.

”Dari pribadi saya yang paling dalam mohon kiranya, jemaah haji nanti berdoa untuk Provinsi Kepri. Ke depan menjadi lebih baik lagi dan agamis,” pinta Nurdin.

Ia juga mengatakan, di era globalisasi ini, kemajuan haruslah diimbangi sikap dan tingkah yang positif dan baik. Jalinan silaturahmi juga harus diperkuat, salah satunya melalui aktivitas halalbihalal.

”Zaman now ini kita harus berpacu dengan dunia teknologi informasi, tapi tidak lupa dengan ajaran ajaran petuah kita terdahulu sebagai panutan yang santun,” tambahnya.

Baca Juga :  Danlanud RHF Hadiri Latihan SAR Koarmada I

Menurut Nurdin, dengan halalbihalal inilah semuanya memanfaatkan momen untuk bersilaturahim dan saling memaafkan. Semuanya harus bersatu padu menjaga kerukunan sesama, berinteraksi.

Nurdin menambahkan, halalbihalal ini bisa menjadi media bersama sama. Agar mereka (para jamaah calon haji) mengetahui pelaksanaan ibadah haji sehingga nanti tak ada kendala berarti di lapangan.

Ketua LAM Kepri H Abdul Razak mengatakan maksud dan tujuannya dimana masih di bulan Syawal yang suci, menjadi pertemuan yang mana selama ini ada salah dan khilaf bersama sama umat. Begitu juga yang akan berangkat menunaikan haji agar senantiasa sehat.

”Semoga kita diberikan iman untuk berlapang dada untuk saling bermanfaat bagi calon jemaah haji semoga dikasi selera makan agar makannya lahap dan menjadi baik,” ujar Razak.

Baca Juga :  Ditonton Danrem, Lomba Tari Makin Seru

Razak juga menjelaskan kegiatan halalbihalal tersebut menjadi pertemuan dan silaturahmi. Sekaligus pelepasan calon jemaah haji dari pengurus LAM tersebut sebanyak 6 orang yang terbagi 3 pria dan 3 wanita direncanakan akan diberangkatkan tanggal 17 Juli 2018. ”Terima kasih sebesar besarnya atas waktunya pak gubernur dan bagi calon jemaah haji untuk menjaga kesehatan dan perbanyak doa agar diberi kelancaran pergi dan selamat kembalinya,” kata Datok Razak.(SUHARDI MARTUNAS)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here