Calon Siswa MAN Insan Cendekia Membeludak

0
974
KEMENAG Batam bersama guru MAN Insan Cendekia foto bersama usai saat sosialisasi. F-istimewa

BATAM – Calon siswa yang mendaftar di Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Insan Cendekia Nongsa Batam untuk Tahun Ajaran 2018/2019 membeludak. Siswa yang akan diterima 92 orang, sementara yang mendaftar 700-an orang.

Kepala Kantor Kemenag Kota Batam DR. H Erizal Abdullah mengatakan, sekolah itu sudah membuka pendaftaran sejak 1-28 Februari lalu. Satu bulan masa pendaftaran, calon siswa yang mendaftar sangat banyak.

”Pendaftaran melalui online. Dan sangat calon siswa yang ingin sekolah di sana. Namun mohon maaf, tidak semua bisa diterima. Ruang kelasnya terbatas,” ujar Erizal Abdullah kepada Tanjungpinang Pos di Hotel CK Tanjungpinang, Selasa (10/4).

Padahal, kata dia, MAN Insan Cendekia Nongsa tersebut baru dua tahun beroperasi. Siswanya saat ini baru Kelas III dan tahun ini naik Kelas III. Namun, peminatnya sudah membeludak.

Kemudian, siswa yang mendaftar di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) Bengkong Batam juga membeludak. Tahun ajaran baru ini, mereka hanya menerima tiga lokal dengan total siswa 84 orang dan masing-masing lokal 26 siswa.

Namun, yang sudah mendaftar ke sekolah itu mencapai 400 orang. Demikian juga dengan calon siswa yang sudah mendaftar di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Batam juga membeludak hingga 600-an orang. Sementara yang diterima hanya tiga lokal juga.

Pihak sekolah tidak bisa memaksakan menerima siswa lebih dari tiga lokal dikarenakan tidak ada kelas belajarnya nanti. Namun, orangtua siswa tetap mendesak agar pihak sekolah menerima murid lebih banyak lagi. Pihak sekolah tetap tidak berani karena tak ada ruangan belajarnya.

Meski demikian, tetap ada peluang penambahan jumlah siswa yang akan diterima jika wali murid bisa sepakat dengan komite sekolah. Sehingga komite sekolah dan wali murid membangun ruang belajar.

Erizal mengatakan, asalkan jangan ada paksaan dan biayanya dipatok. Tergantung orangtua siswa jika memang mau menyumbang berapa dan jangan sampai ada keributan. Jika tetap ada masalah, maka tidak mungkin menambah jumlah siswa. Tetap hanya menerima tiga lokal sesuai jumlah yang ditetapkan berapa siswa per kelasnya.

Mantan Kemenag Kabupaten Bintan ini menambahkan, banyaknya calon siswa yang mendaftar ke MAN Insan Cendekia, MIN Bengkong dan MTs Batam, itu karena prestasi sekolah tersebut sangat banyak. (mas)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here