Camat dan Kades Dorong Program Ekonomi Kerakyatan

0
391

NATUNA – Pemerintah Kecamatan dan Pemerintah Desa di wilayah Kecamatan Bunguran Tengah, sepakat mendorong program peningkatan ekonomi kerakyatan sebagai program prioritas pada tahun anggaran 2020 mendatang.

Program itu akan dituangkan, pada usulan Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) Kecamatan tahun 2019-2020.

”Bulan ini, tiga desa di Kecamatan Bunguran Tengah yakni Desa Harapan Jaya, Desa Tapau dan Desa Air Lengit, telah selesai melaksanakan Musrenbang Desa. Selanjutnya, kita akan melakukan Musrenbang Kecamatan. Program ekonomi kerakyatan menjadi program prioritas bagi masyarakat yang harus terealisasi tahun 2020,” kata Camat Bunguran Tengah, Saidir, usai menghadiri acara Musrenbang tingkat desa di Desa Air Lengit, Senin (15/1) lalu.

Baca Juga :  Lagi, Sabu 1,4 Ton Diamankan!

Kata Saidir, selama ini pihak desa masih memprioritaskan pembangunan fisik. Sehingga, ekonomi kerakyatan di setiap desa tidak berkembang seperti yang diharapkan pemerintah.

”Memang, fakta di lapangan, pembangunan fisik masih sangat mendesak. Akan tetapi harapan pemerintah dalam hal ini bapak Presiden RI, Joko Widodo, di tahun kelima program dana desa lebih kepada pembangunan manusianya. Misalnya peningkatan kapasitas sumber daya petani, pelaku UKM serta peningkatan kapasitas aparatur desa,” paparnya.

Beberapa desa lanjut Saidir, sekitar 40 persen dari dana desa sudah mulai diarahkan ke program ekonomi kerakyatan seperti peremajaan lahan karet, pemagaran lahan pertanian dan pembukaan lahan cengkeh.

Baca Juga :  Tim Wasev Tinjau Kinerja Satgas TMMD di Pengudang

”Program ini sudah tepat, namun kita juga arahkan ke peningkatan usaha kecil. Ini akan kita pantau terus, agar percepatan pembangunan ekonomi masyarakat meningkat,” ungkapnya.

Saidir menjelaskan, pada usulan Musrenbang Desa, masyarakat juga turut memprioritaskan usulan pembangunan jalan perkebunan dan pertanian.

Diharapkan melalui pembukaan jalan tersebut, lahan masyarakat kembali diolah dan beproduksi.

”Kita berharap, dinas terkait bisa me realisasikan usulan masyarakat yang berkaitan dengan percepatan pembangunan ekonomi kerakyatan. Meskipun kita tahu, bahwa pembangunan infrastruktur juga masih sangat mendesak di beberapa wilayah di pedesaan,” tutupnya.

Baca Juga :  Dendi Purnomo Terima Suap Rp25 Juta

Pejabat Sementara (Pjs) Desa Air Lengit Sahikun mengatakan, pada prinsipnya usulan pembangunan di desanya sudah mengarah kepada peningkatan ekonomi kerakyatan. (hrd)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here