Camat Klaim Banjir di Wilayah Tanjungpinang Timur Berkurang

0
132
Camat Tanjungpinang Timur, Yenni Trisia Isabella (kanan) duduk bersama masyarakat setelah gotong royong belum lama ini. f-istimewa

TANJUNGPINANG – Titik banjir di wilayah Tanjungpinang Timur diklaim sudah mulai berkurang.

Menurut Camat Tanjungpinang Timur, Yenni Trisia Isabella, sebelum di atasi banjir oleh pemerintah, ada sekitar 80 sampai dengan 100 titik dijadikan tempat genangan air titik banjir ditemukan di kawasan Tanjungpinang Timur. Ini hasil temuan langsung dilapangan dari tahun 2013 lalu. Ia juga mengklaim, setiap hujan tiba, ia turun langsung kelapangan dan meninjau ke lokasi yang menjadi banjir atau genangan air hujan.

Genangan air yang ditemukan saat hujan turun, mulai dari wilayah di pemukiman masyarakat, jalan umum sampai dengan jalan raya. Salah satunya di Jalan DI Panjaitan Km X tepatnya di depan Perumahan Taman Harapan Indah (THI) berada di Kelurahan Air Raja.

”Alhamdulillah, sekarang sudah jauh berkurang. Ya, sekitar 80 persen kawasan kami tidak banjir lagi,” kata Yenni Trisia Isabella kepada Tanjungpinang Pos, Minggu (21/10).

Berkurangnya titik banjir, kata Yenni, berkat kerja sama yang dibangun oleh pemerintah Kecamatan Tanjungpinang Timur dengan dinas terkait. Salah satunya Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruangan (PUPR) Kota Tanjungpinang.

Pemerintah Kecamatan Tanjungpinang Timur hanya memberikan informasi terkait banjir kepada dinas tersebut. Kemudian, titik banjir yang ada di wilayah Tanjungpinang Timur langsung ditangani oleh dinas tersebut.

”Upayah kita hanya membangun koordinasi saja dengan dinas terkait. Merekalah yang menangani banjir itu,” ucap dia.

Kemudian, katanya, masyarakat sudah mulai peduli dengan lingkungannya. Ditambah setiap libur, masyarakat bersama RT/ RW serta pihak kelurahan dan kecamatan melakukan gotong royong di lingkungan. ”Alhamdulillah, THI sudah tidak banjir lagi. Dulu, lokasi yang menjadi langganan genangan air saat hujan turun,” ucap dia.

Untuk mencegah banjir sangat mudah. Asalkan, masyarakat peduli dengan lingkungan tempat tinggal. Mulai dari jaga kebersihan hingga membuang sampah pada tempatnya. Pesan dia, masyarakat jangan membuang sampah disembarang tempat termasuk di dalam drainase. (dri)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here