Camat Perbatasan Diberi Keistimewaan

0
506
WAKIL Bupati Bintan H Dalmasri Syam mengikuti rakor penguatan camat di wilayah perbatasan, di Hotel Mercure, Ancol, Jakarta, Kamis (5/7) kemarin. F-ISTIMEWA

JAKARTA – Pemerintah kecamatan di wilayah perbatasan diberikan keistimewaan oleh pemerintah pusat. Karena, pemerintah pusat fokus mempercepat pembangunan di perbatasan.

Sekretaris Jendra Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) pusat Hadi Prabowo menyampaikan, penguatan peran camat perbatasan sangat penting. Karena daerah perbatasan memiliki bermacam-macam persoalan-persoalan krusial. Seperti hal keamanan, ketertiban, penegakan hukum dan pengawasan lalu lintas orang serta barang ilegal.

”Dua dimensi pembangunan yang dijalankan camat perbatasan itu, pertama pengelolaan batas wilayah negara dan pembangunan kawasan perbatasan. Pemerintahan sendiri memang fokus mempercepat pembangunan di perbatasan. Karena ini merupakan penjabaran dari Nawacita ke-3 itu,” jelasnya, di sela rapat koordinasi penguatan kapasitas camat di kawasan perbatasan negara, di Ballroom Hotel Mercure, Ancol, Pademangan, Jakarta Utara, Kamis (5/7) pagi kemarin.

Baca Juga :  Turunkan Water Canon Nyambi Sosialisasi Maklumat Kapolri

Wakil Bupati Bintan H Dalmasri Syam yang hadir dalam kegiatan tersebut mengatakan, pentingnya pemberian kewenangan berbeda bagi camat perbatasan adalah, agar para camat dapat lebih leluasa bekerja mengatasi masalah berskala nasional, yang selama ini terjadi. Seperti peredaran ilegal narkotika dan obat terlarang, terorisme dan infiltrasi radikalisme melalui kawasan perbatasan negara, lalu melakukan pengawasan lalu lintas orang dan barang-barang ilegal. ”Pemberian kewenangan berbeda dan keistimewaan bagi camat perbatasan itu, sangat tepat dilakukan,” kata H Dalmasri Syam.

Agar, lanjutnya, permasalahan-permasalahan yang selama ini terjadi dapat segera terselesaikan. Pemkab Bintan yang berada di daerah perbatasan, akan terus mendukung kebijakan pemerintah pusat. ”Karena, dengan saling mendukung dan saling berkordinasi, permasalahan-permasalahan yang selama ini terjadi akan dapat segera diatasi,” jelas H Dalmasri Syam. (fre)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here