Cap Go Meh Jadi Peluang Destinasi Wisata

0
532
Cap Go Meh: Warga memadati Jalan Mereka Tanjungpinang untuk merayakan Cap Go Meh pada Sabtu (11/2) malam. F-yoan s nugraha/tanjungpinang pos

TANJUNGPINANG – Perhimpunan Tionghoa Tanjungpinang-Kepri sukses menyelenggarakan malam perayaan 15 hari Imlek, atau biasa disebut dengan Cap Go Meh, Sabtu malam (11/2) di persimpangan jalan merdeka Kota Tanjungpinang.

Perayaan Cap Go Meh di Tanjungpinang kali ini mengusung tema, Kesederhanaan dalam kebersamaan. acara tersebut mampu menyedot perhatian ratusan mata warga Kota Tanjungpinang.

Dari pantauan awak media, penonton yang memadati pelataran panggung perayaan tersebut tidak hanya warga etnis Tionghoa, namun juga segenap warga pribumi Kota Tanjungpinang.

Turut hadir dalam perayaan tersebut, walikota Tanjungpinang, lis darmansyah beserta jajaran Pemko Tanjungpinang maupun Gubernur Kepulauan Riau yang diwakili Kepala Kesbangpol Provinsi Kepri, oleh Safri Saliman.

Dalam sambutannya, selain Lis menjelaskan makna malam Cap Go Meh bagi masyarakat etnis, dia juga berharap, perayaan yang sudah menjadi tradisi berabad-abad ini bisa menjadi peluang pendapatan yang dihasilkan dari kunjungan turis dan wisatawan.

”Ini kalau dikemas lagi menjadi lebih baik, tidak menutup kemungkinan bisa menjadi event tahunan kita untuk mendatangkan turis,” ucapnya.

Sementara, Safri Saliman berpendapat, bahwa perayaan Cap Go Meh bisa juga dijadikan sebagai wadah pengenalan budaya dengan tujuan meningkatkan kerukunan warga.

”Saya setuju dengan pendapat walikota Tanjungpinang. Namun, kalau boleh saya menambahkan, baik juga jika momen ini bisa dijadikan sebagai ajang pengenalan budaya,” ungkap Saliman.

DPC INTI Tanjungpinang, Beni Suandi menjelaskan bahwa perayaan Cap Go Meh yang dilaksanakan setiap tahun ini selalu menyuguhkan beragam kesenian dan budaya di Tanjungpinang.

Di mulai dari parade budaya barongsai dan naga, tarian dari komunitas sanggar seni, hingga pertunjukkan bela diri wushu yang bisa dinikmati bersama oleh masyarakat di Tanjungpinang.

Penembakan sejumlah kembang api oleh walikota, tokoh masyarakat Tionghoa serja sejumlah unsur FKPD merupakan penanda puncak acara pada malam perayaan Cap Go Meh tahun 2017. (cr33)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here