Cap Go Meh Tanpa Pawai Lampion

0
899
WARGA Pelantar sedang sembahyang di Vihara di suasana Tahun Baru Imlek 2569 ini, menjelang Cap Go Meh.f-raymon/tanjungpinang pos

TANJUNGPINANG – CAP Go Meh atau malam puncak perayaan Imlek 2569, jatuh pada Kamis (1/3) malam hingga Jumat (2/3) ini. Perayaan Cap Go Meh di kawasan Kota Lama dan Pelantar jalan Merdeka, bakal tanpa pawai lampion. Berbeda pada tahun sebelumnya.

Cap Go Meh yang dirayakan setiap 15 hari setelah Tahun Baru Imlek ini, akan disambut warga tionghoa dengan melakukan sembahyang keselamatan. Pantauan di lapangan, saat ini vihara Bhatara Sasana sudah mulai berbenah. Mulai dari pemasangan tenda, pembersihan dan perapian untuk menyambut Cap Go Meh.

Baca Juga :  Harga Sayur di Pasar Bincen Turun

”Pada perayaan Cap Go Meh, para pengunjung berdoa meminta keselamatan dan keberkahan di tahun yang baru,” kata Edyanto Ketua Ikatan Thionghoa Muda, (26/2) kemarin.

Ia mengatakan, Cap Go Meh berarti hari kelima belas dari bulan pertama. Cap berarti sepuluh, Go artinya lima dan Meh yang berarti malam. Ini berarti, masa perayaan Tahun Baru Imlek berlangsung selama lima belas hari.

”Perayaan Cap Go Meh diadakan rutin setahun sekali, pada tanggal 15 bulan pertama Imlek,” jelasnya.

Edy menyebutkan, acara yang dilakukan pada saat Cap Go Meh, di setiap rumah mengadakan jamuan besar makan bersama dan sembahyang. Selain itu, pada tahun lalu di Tanjungpinang diadakan acara pawai lampion. Namun untuk tahun ini, apakah diadakan lagi acara tersebut, belum pasti.

Baca Juga :  Yachters Turun Belanja ke Kota Lama

”Informasi dari kawan, acara pawai tidak ada. Sekarang sudah hari ke-12, masih tiga hari lagi Cap Go Meh dilaksanakan,” ungkapnya.

Edy menjelaskan, menyambut bulan pertama ada sembahyang pertama meminta kesehatan. Biasanya penutupan Imlek memang yang diperingati 1 sampai 3 hari. Bagi rekan atau kerabat yang belum sempat datang ke rumah, maka ini kesempatan untuk mengunjungi.

”Dalam Cap Go Meh itu lebih simpel, ini penutupan tahin baru Imlek,” jelasnya.(RAYMON)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here