Capaian Akademik Dievaluasi

0
227
SUASANA rapat senat 2020 dan pembahasan akademik kampus Stisipol Raja Haji Tanjungpinang, Jumat (3/1) kemarin. f-istimewa

2020, Stisipol Terus Fokus Menjadi Perguruan Tinggi Bermutu

Selama kurun tahun 2019, pihak Kampus Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Stisipol) Raja Haji Tanjungpinang telah meraih beberapa pencapaian akademik. Meski demikian, capaian akademik akan terus dievaluasi.

TANJUNGPINANG – UNTUK itu, memasuki tahun 2020, Kampus Stisipol terus fokus meningkatkan pelayanan mutu akademik dan menjadi perguruan tinggi bermutu di Kepri.

Selama tahun 2019, Kampus Stisipol Raja Haji Tanjungpinang telah meraih beberapa capaian dan kemajuan di bidang akademik dan tentunya capaian-capaian itu akan terus ditingkatkan di tahun 2020 ini.

Sebut saja mulai dari meraih sertifikasi ISO, meningkatkan kerja sama dengan kampus luar negeri dengan penelitian bersama hingga menggelar Kuliah Kerja Nyata (KKN) di luar negeri seperti Malaysia dan Thailand setiap tahunnya serta bekerjasama dengan kampus ternama yang berada di Pulau Jawa.

Ketua Kampus Stisipol Raja Haji Tanjungpinang, Endri Sanopaka menyampaikan, pihaknya di tahun 2020 ini tentunya tetap berkomitmen untuk pelaksanaan mutu bagi pelayanan akademik dan non akademik menjadi prioritas.

Hal itu diantaranya Akreditasi Institusi dan Re-Akreditasi Program Studi Administrasi Publik dan Re-Akreditasi Program Studi Ilmu Pemerintahan.

”Target kita didasarkan pada fase-fase yang sudah kita tetapkan dalam Renstra Stisipol Raja Haji Tanjungpinang. Dimana tahap 2019 sampai tahun 2023, fokus kita untuk menjadi Perguruan Tinggi bermutu,” kata Endri di sela-sela kegiatan rapat senat 2020 dan akademik di Kampus Stisipol Raja Haji Tanjungpinang, Jumat (3/1).

Selain itu, lanjut Endri, segala aktivitas akademik di tahun 2019 tentunya akan dievaluasi seperti KKN di wilayah perbatasan dan KKLN ke negara-negara tetangga Asean dan pelayanan akademik seperti perkuliahan dan lainnya.

Endri menambahkan, bahwa catatan-catatan evaluasi dalam pelaksanaan KKN lokal akan tetap fokus 2020 di Kabupaten Kepulauan Anambas.

Untuk KKN di Kabupaten Kepulauan Anambas tahun 2020, dengan tetap menitik beratkan dengan pengabdian kepada masyarakat.

”Kita juga sedang mencoba untuk mendesain program magang untuk mahasiswa di Pemerintah Daerah atau di komunitas masyarakat tertentu. Sebagai bentuk pengabdian kepada masyarakat sesuai dengan Tri Dharma Perguruan Tinggi,” tambah Endri.

Sementara untuk kegiatan Kuliah Kerja Luar Negeri (KKLN) di tahun 2020 akan coba dire-desain. Baik itu rute pelaksanaan dan kegiatan di kampus luar negeri.

”Jika nantinya memungkinkan, KKLN akan beralih ke negara tetangga lainnya. Hanya saja kita tetap menekankan efisiensi biaya, agar mahasiswa tidak diberatkan dan tetap terjangkau dalam mengikuti program KKLN,” terangnya.

Untuk penelitian bersama dengan kampus luar negeri, lanjut Endri, akan terus dilakukan dan tidak menutup kemungkinan ke depannya mahasiswa Stisipol Raja Haji Tanjungpinang akan melaksanakan penelitian di luar negeri seperti Malaysia sesuai kurikulum akademik dengan kampus yang dituju.

Seperti menjelang akhir tahun 2019 lalu, belasan mahasiswa-mahasiswi asal kampus UniZSa Malaysia telah melaksanakan penelitian bersama dengan mahasiswa-mahasiswi Stisipol Raja Haji Tanjungpinang di kawasan Kabupaten Bintan tepatnya di kawasan Teluk Bintan.

Sekedar diketahui, nama besar pahlawan kebanggaan Tanah Melayu Riau yakni Raja Haji Fisabilillah, telah membangkitkan semangat anak negeri untuk meneladani nilai-nilai perjuangannya dalam wujud pengembangan kualitas Sumber Daya Manusia melalui pendidikan.

Sebab hanya melalui pendidikan bangsa ini dapat mencapai kemajuan dan mampu bersaing dengan bangsa-bangsa lain.

Semangat untuk mengembangkan aspek pendidikan dan meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia Indonesia, khususnya anak Melayu, diaktualisasikan dalam aksi bukan hanya orasi, tapi dengan mendirikan Yayasan Raja Haji Fisabilillah oleh tokoh-tokoh masyarakat Kepri pada tanggal 12 Agustus 1998.

Kemudian memperoleh Izin Terdaftar dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, yakni berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No.133/D/O/1999 Tanggal 22 Juli 1999 dan peresmiannya dilaksanakan pada tanggal 8 Agustus 1999.(ADLY ‘BARA’ HANANI)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here