Cari Alasan Agar Bisa Impor Beras

0
368
WALI KOTA Batam Rudi saat menyerahkan beras murah kepada warga Bulang, belum lama ini. Saat ini, harga beras di Batam meningkat dan stoknya menipis. f-martua/tanjungpinang pos

BATAM – Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperindag) Batam memastikan stok pangan saat ini masih cukup. Namun terkait beras yang dilaporkan terbatas, DPRD Batam akan memanggil Bulog dan Disperindag. DPRD Batam ingin memastikan stok beras dan solusi ke depan untuk mengatasi keterbatasan beras.

Menurut Ketua DPRD Batam, Nuryanto, pemanggilan akan dilakukan Komisi II DPRD Batam. Sehingga ke depan diharapkan, stok beras cukup dan tidak menimbulkan gejolak, hingga berdampak pada harga.

”Saya minta Komisi II untuk menyikapi beras. Ini juga sekaligus kita ingin tahu soal permintaan impor beras untuk Batam,” kata Nuryanto, kemarin.

Langkah ini dilakukan karena laporan resmi terkait beras di Batam, hingga saat ini belum mereka terima. Dimana informasi yang mereka terima, harga beras naik dan stok terbatas. ”Kami baru tahu informasinya dari media, harga beras saat ini tinggi. Kita ingin sikapi bersama Pemko dan Bulog,” sambungnya.

Dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) nanti, diharapkan semuanya menjadi jelas. Jikapun nantinya dinilai perlu impor beras, sudah ada argumen yang kuat. ”Kenapa pemerintah pusat melarang kita impor beras? Karena untuk memberdayakan petani. Impor ini perlu kajian lebih dalam, walaupun kita bukan daerah penghasil,” ujarnya.

Menurutnya, tidak serta merta bisa dilakukan impor beras tanpa lebih dulu tahu penyebab sebenarnya. Mereka ingin memastikan penyebab kenaikan harga saat beras belum langka. ”Apa penyebab harga tinggi, harus tahu dulu. Jangan Ujung-ujungnya impor beras. Kami minta informasi yang benar,” tegas Nuryanto.

Diminta juga pengawasan di lapangan agar berjalan maksimal. Jangan sampai ada pihak-pihak yang melakukan permainan dengan sengaja menyimpan, dan menimbun beras, hingga terkesan stok beras sedikit. Sehingga berakibat pada tingginya harga jual beras di pasaran.

”Ini harus diteliti betul. Jangan ada mafia yang menyimpan dan menimbun beras,” katanya. (mbb)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here