Cari Peluang Tambah PAD dari Offshore

0
564
Hamid Rizal

NATUNA – PEMERINTAH Kabupaten Natuna sudah tidak lagi berwacana untuk memburu pendapatan melalui mekanisme pajak dan retribusi dari kegiatan produksi Minyak dan Gas (Migas) di lepas pantai (offshore) Natuna. Langkah ini ditempuh, untuk meningkatkan sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD) Natuna tahun depan.

Bupati Natuna Hamid Rizal mengaku pihaknya telah bersurat ke SKK Migas dan Kementerian Energi dan Sumberdaya Mineral (ESDM) sebagai langkah koordinasi awal. ”Keinginan itu bukan hanya sebatas keinginan. Langkah itu sudah kita lakukan secara praktis. Kita sudah mengirimkan surat ke instansi terkait, untuk bisa melaksanakan koordinasi lebih lanjut prihal itu,” kata Hamid, kemarin.

Ia menyebutkan, pada kesempatan berikutnya pemerintah akan membahas pajak ataupun retribusi logistik Migas yang selama ini masuk Natuna tanpa ada pungutan apapun. ”Kita ingin tahu regulasinya dulu. Bila ternyata ada regulasi yang bisa dijadikan dasar, kesempatan itu tidak akan kita sia-siakan,” tegas Hamid.

Menurutnya, bila pajak logistik Migas bisa ditarik oleh pemerintah maka pendapatan daerah akan jadi bertambah. ”Saya rasa itu nilai yang cukup besar bisa ditarik. Dari pajak listrik non PLN saja kita dapat lumayan besar, itungannya miliaran dan lumayan sebagai tambahan PAD,” tutupnya.(HARDIANSYAH)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here