CCTv ‘Bersuara’ Tegur Pelanggar Lalin

0
129
KENDARAAN melintas di simpang lampu merah Pamedan Tanjungpinang. f-suhardi/tanjungpinang pos

TANJUNGPINANG – Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Tanjungpinang akan mempunyai CCTv ”bersuara” yang bisa menegur pelanggar lalu lintas di wilayah Tanjungpinang.

Tahun 2018 ini, Dishub Kota Tanjungpinang menerima tiga unit CCTv ”bersuara” dari Kementerian Perhubungan. Hal ini diungkapkan Kepala Dishub Kota melalui Kepala Bidang (Kabid) Perhubungan Darat, M Yamin, kemarin.

”Jadi nanti aktivitas pengguna jalan, bisa langsung terpantau oleh operator yang sudah ditugaskan setiap hari,” jelas Yamin kepada Tanjungpinang Pos, Selasa (16/1).

Rencananya, CCTv ”bersuara” akan dipasang persimpangan Bintan Centre Jalan DI Panjaitan Batu 9, Simpang Batu 6, serta simpang Pamedan Ahmad Yani.

Yamin bahkan menceritakan, selama ini Dishub Kota Tanjungpinang sudah melakukan permintaan kepada Menhub terkait penggunaan alat yang disebut Area Traffic Control System (ATCS) ini. Tahun 2017, Dishub Tanjungpinang kata dia, sudah berkirim surat, dan disanggupi hanya tiga ATCS yang rencananya akan mulai dipasang pertengahan 2018 ini.

”Alat ini sebenarnya sudah lama diterapkan di kota besar, di Jakarta, Bandung, dan kota lainnya, melalui alat tersebut, kita harapkan, sistem penggunaan traffic lamp bisa teratur,”harapnya.

Dirinya tak menapik, bahwa saat ini banyak ditemukan pengguna jalan yang sengaja melanggar peraturan lalu lintas. Salah satunya penggunaan lampu jalan ini. Ke depan budaya teratur, mulai digalakkan di Ibukota ini, apalagi Tanjungpinang adalah Ibukota Kepri.

”Nanti juga, alat ini sekaligus untuk mengatur, lama dan tidaknya lampu lalu lintas,” terang Yamin.

Tak hanya difungsikan sesuai peruntukkan yang darurat, melainkan, CCTv ini bisa zoom hingga menyorot wajah pengendara atau plat nomor kendaraan, operator tak segan mengunggah tangkapan layar pelanggar ke akun media sosial, bahkan memberikan teguran kepada si pengendara.

CCTv yang dilengkapi pengeras suara yang tersebar di sejumlah titik. Nanti setelah penerapannya, fungsi kontrolnya dilakukan sejumlah komputer dan beberapa layar berukuran besar yang memperlihatkan kondisi lalu lintas di titik yang dipasang ATCS.

Seluruh peralatan canggih itu dikendalikan oleh operator yang bertugas secara bergantian setiap harinya mulai pukul 06.00 WIB hingga 20.00 WIB. (ais) 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here