CCtv di Jalan Terhubung ke Polres

0
148
Suasana simpang lampu merah di jalan WR Supratman. Jalan ini bakal dipasang CCTv dan terhubung langsung ke kantor Polres Tanjungpinang. f-raymon/tanjungpinang pos

Closed Circuit Television (CCTv) yang terpasang di setiap persimpangan lampu merah di Tanjungpinang, akan terhubung kantor Mapolres Tanjungpinang.

TANJUNGPINANG – Ini dilakukan untuk mengoptimalkan pemantauan lalu lintas dan kejahatan di jalan raya.

Menurut Kapolres Tanjungpinang, AKBP Ucok Lasdin Silalahi, semua CCtv nantinya akan terkoneksi ke kantor Polres Tanjungpinang. Tujuanya, selain untuk memantau arus lalu lintas, juga untuk mengawasi Kamtibmas.

”Mobilitas lalu lintas di Tanjungpinang mulai tinggi. Terutama pada saat pagi dan sore hari,” katanya, Senin (17/9).

Kapolres menyebutkan, dengan dipasangnya CCTv tersebut, dalam pengawasan lalu lintas ikut terbantu. Apabila terjadi lakalantas bisa terekam melalui CCTv yang terpasang di tiang lampu merah. Selain itu, kata dia apabila terjadi aksi kejahatan di persimpangan akan terdeteksi secepatnya.

”Cukup banyak pemanfaatkan CCTv di persimpangan lalulintas. Intinya, mengantisipasi segala hal yang tidak diinginkan oleh masyarakat. Ketika terjadi kejahatan di jalan maupun lakalantas di jalan bisa teridentifikasi secepatnya. Karena, CCTv tersebut langsung terkoneksi,” sebutnya. Lanjutnya, dengan memasang CCTv pihaknya lebih memantau selama waktu 24 jam. Apabila ada pelanggaran lalulintas. Seperti lakalantas hingga tindak kriminal dapat diawasi pergeraknya.

”Nantinya petugas yang mengawasi CCtv berada di Command Center, semua dilakukan pengawasan,” tuturnya.

Kata dia, adapun CCtv yang sudah terpasang di simpang lampu merah Pamedan, Basuki Rahmat, Bintan Center, Batu Enam, Simpang Pelabuhan Sri Bintan Pura.

Kapolres meuturkan, selain itu juga pihaknya juga telah meminta kepada pihak pengusaha, Mall dan tempat keramaian untuk memasang CCTv hal ini dilakukan agar lebih cepat ditanggapi apabila terjadi sesuatu kejadian. ”Ini semua untuk menjaga kamtibmas di Tanjungpinang, apabila ada kejadian maka dengan cepat kita mengungkapnya,” ujarnya.

Masih kata dia, kota-kota besar, seluruh simpang lampu merah sudah terpasang CCTv. Dishub dan polisi terus bahu membahu untuk menyediakan CCTv di jalan raya. (RAYMON)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here