Cegah Banjir, Dinas PUPR Benahi Drainase

0
583
MEMBERSIHKAN: Pekerja sedang membersihkan parit di pemukiman warga di Kecamatan Meral. f-alrion/tanjungpinang pos

KARIMUN – Cegah banjir dipemukiman padat penduduk, Bupati Karimun Aunur Rafiq menginstruksikan Dinas Pekerjaan Umum Dan Penataan Ruang, untuk membenahi drainase dipemukiman padat penduduk Di Kecamatan Tebing, Karimun dan Meral.

“Kami sudah 2 bulan bekerja membersihkan drainase sebagaimana instruksi Pak Bupati kepada Dinas, untuk mencegah banjir seperti bulan lalu, salah satu penyebab banjir dipemukiman penduduk adalah tersumbatnya drainase akibat minimnya kesadaran warga membuang sampah pada tempatnya,” kata Pendek.

Ia mencontohkan, kedalaman parit 1 meter. Setelah penutup parit dibuka, diketahui tumpukan pasir dan sampah hampir saja menutupi drainase. Wajar air meluber kepermukaan karena drainase tersumbat, setelah pasir dikeruk, barulah air mengalir lancar sampai kearah laut.

Penyebab banjir, tidak semata mata karena ketidakpedulian Pemerintah, ketidakpedulian atau kesadaran warga sekitar juga sangat perlu.

Untuk menjaga kebersihan parit, karena parit bukan pembuangan sampah. Jika air lancar mengalir, meskipun hujan deras beberapa pemukiman padat penduduk tidak akan tergenang.

Bupati Karimun Aunur Rafiq menghimbau masyarakat untuk peduli lingkungan, jaga kebersihan dengan membuang sampah ditempatnya. Perhatikan kebersihan parit atau drainase, jika sampah menumpuk sebaiknya segera dibersihkan dengan cara gotong royong.(yon)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here