Cegah Kekerasan Seksual Terhadap Anak

0
43

KARIMUN – Bupati Karimun Aunur Rafiq menyampaikan rasa prihatinnya, terhadap anak-anak yang menjadi korban kekerasan seksual orang terdekat dalam 10 bulan terakhir ini.

”Semua harus punya peran penting, dalam hal mencegah terjadinya kekerasan seksual terhadap wanita. Tanpa harus memilih, apakah di bawah umur, remaja atau sudah dewasa. Ke depan jangan sampai ada lagi korban korban lainnya,” kata Aunur Rafiq, Kamis (25/10).

Meskipun seluruh elemen harus ikut dalam pencegahan, terjadinya kekerasan seksual terhadap anak namun peran orangtua tetap yang utama.

”Jangan sampai, ada anak korban kekerasan seksual karena kelalaian orang tua,” pinta Rafiq.

Ke depan, Pemerintah Daerah akan berkoordinasi dengan pihak terkait termasuk dengan sekolah-sekolah termasuk menjalankan Peraturan Daerah (Perda) anak.

para orang tua, lanjut Rafiq, juga harus mengetahui informasi-informasi yang dapat membahayakan anak.

Terutama, orang tua juga harus mengawasi penggunaan smartphone bagi anaknya. Sebab, pada era perkembangan teknologi informasi ini. Segala bentuk upaya merusak generasi masuk melalui internet seperti pornografi dan lainnya.

Ditempat terpisah, Kasat Reskrim Polres Karimun AKP Lulik telah meminta peran orangtua mewaspadai perbuatan cabul terhadap anak perempuan dibawah umur.

”Hampir semua pelaku cabul adalah orang dekat korban atau kenal baik. Ini yang membuat korban tidak merasa khawatir, saat akan dipanggil atau diajak kesatu tempat,” kata Lulik

Kini, semua pelaku kasus kekerasan telah menjalani pemeriksaan di Polsek dan Polres Karimun. Semua kasus yang terjadi dapat terungkap dan diproses hukum. (yon)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here