Cegah Money Politic di Hinterland

0
329
Ketua Panwslu Maryamah berbincang-bincang dengan AKBP Ucok Lasdin Silalahi. f-abas/TANJUNGPINANG POS

TANJUNGPINANG -Panwaslu Pemilihan Wali Kota Tanjungpinang semakin memperkuat pengawasan partisipatif, untuk mewujudkan pemilih yang cerdas dalam mensukseskan Pilkada Kota Tanjungpinang, 27 Juni mendatang. Maryamah Ketua Panwaslu Kota Tanjungpinang mengatakan Panwaslu kembali mengadakan kegiatan sosialisasi pengawasan bersama masyarakat pesisir (hinterland) sekitar Kota Tanjungpinang. Acaranya digelar di Hotel CK, Rabu (25/4) kemarin.

”Tujuannya memberikan pemahaman tentang tugas kewenangan Panwaslu, mencerdaskan pemilih, serta meningkatkan berpartisipasi dalam pemilihan,” ujar Maryamah, kemarin.

Sementara itu, Muhamad Zaini Komisioner Panwaslu Kota Tanjungpinang menegaskan, proses pengawasan Pilkada yang melibatkan semua unsur masyarakat dapat meningkatkan pencegahan pelanggaran dalam mewujudkan pilkada yang bersih dan bermartabat.

”Masyarakat dapat memberikan informasi awal terhadap berbagai dugaan pelanggaran. Seperti money politic, melanggar larangan dalam kampanye, manipulasi penghitungan surat suara, dengan mendatangi Kantor Panwaslu, melaporkan kepada Panwascam, PPL atau melalui aplikasi online gowaslu,” ujar Zaini yang juga Kordiv Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga.

Hadir sebagai narasumber Razaki Persada, yang juga Mantan Ketua Bawaslu Kepri dan Ketua Timsel KPU Se-Kepri yang sedang berlangsung, menjelaskan bahwa Pilkada adalah bentuk kedaulatan rakyat.

“Maka pengawasan Pilkada sangat diperlukan, untuk memastikan Pilkada berlangsung Luber dan Jurdil, sekaligus pendidikan bagi pemilih serta penyadaran meningkatkan partisipasi pemilih,” tegas Razaki. (bas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here