Cek Kelayakan Kapal di Pelantar

0
264
KAPOLRES Tanjungpinang AKBP Ucok Lasdin Silalahi memberikan pengarahan kepada ABK, di pengecekan kelayakan kapal di perairan Pelantar, kemarin. f-raymon/tanjungpinang pos

TANJUNGPINANG – POLRES dan Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Kepelabuhan (KSOP) Kelas II Tanjungpinang, mengecek kelayakan moda transportasi laut (kapal) di kawasan pelantar, Kamis (5/7) kemarin. Pengecekan dilakukan, untuk keselamatan kapal dan ABK saat berlayar membawa barang, maupun penumpang.

Pengecekan kelayakan kapal dilakukan di pelabuhan Sribintan Pura (SBP) Tanjungpinang, sampai dengan kapal-kapal barang di kawasan Pelantar II. Di daerah pelantar II kapal-kapal pengangkut barang yang bersandar, didatangi oleh petugas menggunakan spead boat.

Di atas kapal para nakhoda dan mualim kapal diberikan pengarahan, agar tidak memaksakan diri apabila cuaca tidak memungkinkan. Dalam kondisi cuaca buruk, diharapkan untuk menunda keberangkatan.

Kapolres Tanjungpinang, AKBP Ucok Lasdin Silalahi mengatakan, pengecekan kelayakan transportasi laut bersama beberapa personel ini, membantu kegiatan KSOP Tanjungpinang dan Dinas Perhubungan.

”Kami juga berdiskusi bersama, bagaimana situasi cuaca dan kelayakan kapal-kapal yang ada dipelabuhan,” katanya.

Lanjutnya, dengan pengecekan ini pihaknya bisa melihat dan berdiskusi langsung dengan nakhoda kapal, serta menanyakan langsung kepada mereka. Sampai saat ini seluruh kapal yang ada di pelabuhan ini siap untuk berlayar. ”Sambil berbincang dengan nakhoda kapal dan mualim, kapal mereka dalam kondisi siap berlayar,” tegasnya.

Menurutnya, dalam berlayar harus memperhatikan perkembangan cuaca setiap saat. Karena, perkembangan cuaca selalu berubah. Itu yang harus diperhatikan pada saat berlayar. ”Selalu berkoordinasi dengan BMKG untuk mengetahui cuaca, dan selalu waspada pada saat berlayar,” jelasnya.

Marine Inspector KSOP Tanjungpinang Suhartono menerangkan, dari KSOP sendiri untuk memantau pelayaran kapal, juga harus dilengkapi radio. Jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, dapat terhubung ke stasiun radio operasi pantai vessel traffic service.

”Jika terjadi permasalahan di dalam perjalanan berlayar, dapat menghubungi stasiun radio terdekat yang sudah disiapkan,” tuturnya.

Menurutnya, seluruh kapal sudah memenuhi persyaratan kelayakan untuk berlayar, sesuai dengan petunjuk internasional network. Setiap negara mempunyai standar keselamatan.(RAYMON)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here