Cepat Urus KTP, 7 Disdukcapil Dapat Penghargaan

0
225
DIRJEND Dukcapil Kemendagri Prof Zudan, Gubernur Kepri H Nurdin Basirun, Sekdaprov Kepri TS Arif Fadillah, Kepala DPMD Dukcapil Pemprov Kepri Sardison foto bersama dengan pihak perwakilan / kabupaten/kota usai menyerahkan penghargaan itu di Gedung Daerah Tanjungpinang, Selasa (5/3). f-MARTUNAS/TANJUNGPINANG POS

TANJUNGPINANG – Karena berbagai inovasi dan pengurus administrasi kependudukan cepat, 7 Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) di Provinsi Kepri mendapatkan penghargaan.

Selain itu, ada juga pemerintahan desa yang menerima penghargaan atas capaian kinerjanya yang bagus. Penghargaan itu diserahkan Ditjend Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Prof Zudan Arif.

Selaian itu, penghargaan juga diserahkan secara bergilir oleh Gubernur Kepri H Nurdin Basirun, Sekdaprov Kepri TS Arif Fadillah dan Kepala DinasB Pemberdayaan Masyarakat Desa Kependudukan dan Catatan Sipil (DPMD Dukcapil Pemprov Kepri, Sardison MTP.

Penyerahan penghargaan ini dilakukan di Gedung Daerah Tanjungpinang, Selasa (5/3) saat acara Rapat Kerja Pemerintah Desa dalam rangka Mensukseskan Pemilu dan Pilpres 2019 disejalankan dengan Pencanangan Gerakan Indonesia Sadar Administrasi (GISA) Kependudukan.

Prof Zudan menyampaikan rasa terimakasihnya kepada seluruh Ketua RT, Ketua RW, kepala desa, lurah, camat, Disdukcapil maupun pemerintah daerah di Kepri karena sudah bekerja kerja melayani administrasi penduduk dengan baik.

Sardison mengatakan, saat itu ada delapan orang yang menerima penghargaan. Ini sebagai bentuk apresiasi dan rasa terimakasih Pemprov Kepri atas kerja keras yang dilakukan Disdukcapil se-Kepri hingga akhirnya bisa tercepat ketiga di Indonesia dalam pencetakan KTP-el.

Saat ini, apabila warga sudah merekam data, maka langsung dicetak. Tidak ada lagi istilah menunggu hingga berminggu-minggu. Malah, warga yang diminta datang cepat-cepat ke Disdukcapil untuk merekam data dan KTP-nya dicetak hari itu juga.

Ada beberapa kriteria penilaian yang dilakukan DPMD Dukcapil Pemprov Kepri untuk penilaian tersebut yakni,

1. Dukcapil Bisa. Dinas yang mampu membuat berbagai inovasi hingga capaiannya meningkat terus.

2. Kategori Inovasi. Karena inovasi yang dilakukan, maka persentase kerjanya lebih tinggi dari yang lain.

3. Kategori Tanggap. Kinerjanya cepat tanpa harus menunggu perintah. Ini penting.

4. Kriteria Dukungan Pemda. Pemerintah setempat tidak pelit mengalokasikan anggaran dari APBD untuk mempercepat kemajuan layanan Disducapil.

5. Kategori Kartu Identitas Anak (KIA) Mandiri atau respon cepat.

6. Kategori Pencetakan KTP Tertinggi.

7. Kategori Cakupan Akte Lahir Paling Tinggi.

Untuk penilaian penghargaan bagi desa adalah pemerintahan desa yang terbaik dalam pengembangan pemberdayaan masyarakatnya.

Lingga dapat penghargaan respon cepat. Disdukcapil Batam dapat penghargaan dukungan Pemda. Anambas dapat penghargaan KIA mandiri. Bintan dapat penghargaan rekam dan cetak KTP tertinggi.

Bintan sudah mencetak 96,62 persen di atas target nasional dan di atas rata-rata nasional 95 persen. Tanjungpinang dapat penghargaan atas pencetakan akta kelahiran. Capaian tertinggi.

Natuna diberi penghargaan karena mengurus KTP cukup 1 jam. Demikian juga Disdukcapil Karimun dapat penghargaan. Sedangkan Desa Meral Karimun dapat penghargaan desa terbaik pengembangan dan pemberdayaaan desa.

Sardison mengatakan, saat ini pola kerja Disdukcapil se-Kepri sangat cepat dan responnya bagus. Tidak ada lagi istilah blanko kosong. Stok blanko mencukupi.

”Siapa pun yang datang dilayani. Blanko tetap ada. Sebelum blanko kosong, sudah dijemput ke pusat. Disdukcapil kan sudah tahu berapa kebutuhan blanko setiap hari. Jadi sebelum blanko habis, beberapa hari sebelumnya sudah berangkat menjemput blanko,” jelasnya.

Tahun 2019 ini, kata dia, tugas baru Disdukcapil adalah pengurusan Kartu Identitas Anak (KIA). Tidak ada lagi alasan untuk tak menjalankan program KIA ini. Wajib dilaksanakan.

Yang terpenting adalah, sosialisasi terus dilakukan. Sehingga masyarakat akan datang ke Kantor Disdukcapil untuk mengurus KIA anaknya. Jika tidak, maka tak banyak masyarakat yang tahu program ini.

Pencetakan KTP-el di Provinsi Kepri tercepat ketiga di Indonesia setelah Bali, Bangka Belitung dan DKI Jakarta. Kepri pun akan mendapatkan penghargaan dari Kemendagri atas prestasi ini. Dalam waktu dekat ini, Pemprov Kepri akan menerima penghargaan dari Kemendagri. (mas)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here