Cetak KTP-el Sudah Cepat

0
86
PETUGAS perekaman KTP-el Disdukcapil Pemkab Anambas ketika melakukan perekaman data seorang pemohon KTP-el. F-ISTIMEWA

Kini masyarakat Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA) tidak perlu menunggu waktu yang lama lagi, untuk mendapatkan Kartu Tanda Penduduk elektronik (KTP-el) jika persyaratan lengkap dan langsung diproses cetak KTP nya.

ANAMBAS – ”Kemarin KTP el saya sudah bisa ambil, meskipun sudah hampir satu tahun menunggunya. Tapi teman saya mendapatkan KTP hanya 3 hari sudah diperolehnya,” ungkap Mudin selaku warga Tarempa Kecamatan Siantan, Senin (27/8).

Ketika ia bertanya dengan petugas yang menanggani administrasi di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kepulauan (Disdukcapil), bahwa saat ini tidak sulit lagi mencetak KTP-el. Sebab, sistem telah terkoneksi ke Pemerintah Pusat tidak mengalami gangguan lagi.

”Sekarang sudah bisa di ambil KTP-el nya, bagi yang sudah merekamnya sejak lama. saya mbak,” jelas dia.

Ia juga memberi informasi kepada warga, atau masyarakat untuk segera mengambil KTP yang sudah masuk proses di Disduk Capil. ”Sudah saya sampaikan ke tetangga saya supaya bisa mengambil KTP, yang sudah mengajukan proses,” cerita dia.

Sedangkan, Agus Basir selaku Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Kepulauan Anambas mengatakan, kendala untuk memperoleh KTP tidak ada masalah lagi.
Untuk alat kelengkapan sudah tersedia seperti blanko, dan sistem jaringan cukup aman hingga saat ini.

”Sudah bisa dicetak KTP-el nya sekarang, dan gangguan sinyal tidak ada lagi. Kalau syarat lengkap kita proses secepatnya. Kalau bisa satu hari selesai tercetak KTP warga Anambas,” terang dia.

Ia juga menyampaikan, ke depan masyarakat Anambas yang ada di beberapa kecamatan sudah bisa mencetak KTP-el nya di kantor UPT Disduk Capil yang dibentuk nanti.

Hal ini untuk mempermudah bagi masyarakat yang berada jauh dengan ibukota kabupaten, seperti Kecamatan Jemaja dan Jemaja Timur, Siantan Timur atau Siantan Selatan.

”Kita akan bentuk UPT di beberapa kecamatan nantinya. Semua itu untuk mempermudah bagi masyarakat, dalam mendapatkan pelayanan secara maksimal. Saya imbau, warga yang sudah menunggu lama memperoleh KTP diharapkan segera ambil KTP nya di Disduk Capil Kabupaten. Kini sudah bisa dicetak,” tutupnya.

Sebelumnya, karena tidak adanya jaringan internet maka Disdukcapil Pemkab) Anambas tidak bisa memberi pelayanan kepada masyarakat.

Sehingga, pelayanan untuk pencetakan KTP-el dan kepengurusan surat pindah domisili antar kabupaten/kota menjadi terganggu bahkan lumpuh.

Saat itu, pihak Disdukcapil tidak bisa berbuat banyak dan hanya bisa menunggu kapan gangguan tersebut berakhir.

Karena hal pelayanan harus dibenahi, maka Disdukcapil perlahan membenahi sistem dan kini telah lancar kembali.

Pada pemberitaan sebelumnya, sejak bulan Juni 2017 beberapa warga sudah membuat permohonan percetakan KTP-el bahkan sudah dilakukan perekaman.

Tetapi, saat itu harus menunggu lama bahkan hingga batas waktu yang tidak bisa ditentukan.

Kini, persoalan tersebut telah selesai dan warga pun mulai bisa mendapatkan KTP nya karena pihak Disdukcapil telah terhubung kembali dengan server di Pemerintah Pusat. (INDRA GUNAWAN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here