Chef Skotlandia Berbagi Tips

0
99
Mahasiswa Batam Tourism Polytechnic (BTP) saat praktik menyajikan menu makanan. F-istimewa

Hadiri BTP Culinary Challange Competition 2018

Chef Gary Maclean asal Skotlandia akan berbagi tips berbagai tips dan menunjukkan kebolehannya dalam mengolah bahan makanan kepada mahasiswa Batam Tourism Polytechnic (BTP).

BATAM – SEBAGAI seorang chef lecturer, Gary Maclean akan memberi pengalaman yang sangat penting di acara Culinary Challenge Competition 2018 yang digelar BTP, mulai Rabu (5/9) hari ini di Kampus BTP Tiban, Batam. Acara Culinary Clinic ini dapat diikuti baik mahasiswa maupun masyarakat umum.

Event ini bergengsi dengan hadirnya Chef Gary Maclean. Chef Gary merupakan pemenang ajang Master Chef Skotlandia pada tahun 2016.

Sekretaris Yayasan Vitka yang menaungi BTP, Aprizal Bobo, mengatakan di usia BTP yang ke-4 tahun, semakin kokoh berdiri sebagai salah satu politeknik pariwisata bertaraf internasional di Provinsi Kepulauan Riau.

Acara tersebut juga untuk merayakan Dies Natalis ke-4, BTP menggelar sebuah ajang bertajuk “BTP Culinary Challenge Competition 2018”.

Kata dia, BTP sebagai politeknik pariwisata ingin memperkenalkan berbagai sajian kuliner dan keterampilan anak didik serta kebolehan peserta kompetisi dalam mengolah berbagai bahan menjadi sebuah hidangan yang spektakular dengan cita rasa yang siap menggoyang masyarakat.

Sebagai seorang chef lecturer, Chef Gary akan membagikan berbagai tips dan menunjukkan kebolehannya dalam mengolah bahan makanan.

”BTP terus melakukan terobosan untuk meningkatkan wawasan para mahasiswa, agar wawasannya mendunia,” kata Aprizal Bobo, kemarin.

Menurutnya, sedikitnya 150 mahasiswa baru telah bergabung dengan Batam Tourism Polytechnic (BTP) untuk memenuhi pasar kerja di luar negri terutama perusahaan kapal pesiar (cruiseline) akan mengikutinya. Sebagai gambaran, ujarnya, mahasiswa semester 4 yang tengah magang di hotel-hotel di Doha, Qatar, Dubai saat ini sudah ditawari kerja di Beverly Hills, USA dengan tawaran gaji US$ 3.000 per bulan atau sekitar Rp43,8 juta. Mereka yang belum menyelesaikan kuliah saja sudah laris.

Dunia hospitality memang kini lebih menjanjikan dengan lapangan pekerjaan yang terbuka lebar bagi mahasiswa BTP setelah dilatih menjadi seorang profesional di bidangnya sehingga peluang memperoleh pendapatan puluhan juta per bulannya bukan sekedar impian.

Industri pariwisata tumbuh pesat bahkan diantara wisatawan nusantara sudah menjadi bagian dari lifestyle. Di saat industri berat mengalami penyusutan, masyarakat terutama para lulusan SMA melihat yang menghasilkan puluhan ribu dolar saat ini adalah dunia pariwisata.

Sambung dia, kampus yang asri dan dilengkapi dengan berbagai fasilitas bagi mahasiswa tersebut terletak di Jalan Gajah Mada, Komplek Tiban Ayu. Kampus yang didesain dengan konsep kenyamanan terpadu.

Saat ini, lanjutnya, jurusan culinary management serta jurusan room division dan management.

Bagi mereka yang ingin menekuni pendidikan profesional lebih dulu maka pihaknya juga memfasilitasi program berjenjang dari sarjana D3 ke D4 Pariwisata yang merupakan gagasan baru.

Program ini dibuka khusus jurusan Culinary Management dan Room Division untuk para sarjana D3 agar bisa meningkatkan karir dan menambah ilmu pengetahuan sehingga mereka punya gelar, akademis. ”Dijadwalkan Mantan Menteri Mempan RB RI, Asman Abnur hadir di acara tersebut,” kata Aprizal Bobo.(ABAS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here