Cinema XXI Disambut Haru

0
597
Dian Fadillah

Oleh: Dian Fadillah, S.Sos
Pemerhati Jalan-Jalan Ketua PKBM Suara Lampion Kepri

Hiburan adalah segala sesuatu – baik yang berbentuk kata-kata, tempat, benda, perilaku – yang dapat menjadi penghibur atau pelipur hati yang susah atau sedih. Bagi orang-orang tertentu yang memiliki sifat workaholic (Gila Pekerja) yang menjadikan bekerja sesuatu yang luar bisa (butuh hiburan dibandingkan dengan berdiam diri). Tidak seperti makhluk hidup lain yang dapat bertahan hidup hanya dengan memenuhi kebutuhan primernya saja, manusia, membutuhkan hal-hal lain untuk tetap bertahan hidup dan bahagia dalam menjalani kehidupannya.

Salah satu hal yang sangat dibutuhkan manusia saat ini adalah kepentingan sebuah hiburan. Sejak zaman dahulu kala manusia sudah mulai berkreasi dengan berbagai hiburan untuk melengkapi hidup mereka. Musik, seni, olahraga, semua pertunjukan dan pertandingan dibuat dengan tujuan untuk memenuhi kebutuhan manusia. Mengapa manusia membutuhkan hiburan? Alasan alasan autentik mengapa manusia membutuhkan hiburan yaitu :
Hiburan membuat kondisi fisik dan psikis segar kembali serta dapat meberikan inspirasi

Kegiatan sehari-hari dan tekanan akibat rutinitas pekerjaan seringkali membuat semuanya menjadi lelah (secara fisik maupun psikis). Salah satu cara efektif untuk membuat segar kembali adalah dengan melakukan berbagai aktivitas yang menghibur diri seperti main games favorit, berpetualang di alam , atau mendatangi tempat tempat yang seru dan menyenangkan hati. Manfaat hiburan bagi kita juga sebagai sumber inspirasi dimana berbagai jenis hiburan selalu menjadi sumber inspirasi bagi karya-karya terbaik di generasi yang akan datang. Dapatkan inspirasi-inspirasi berkarya dengan cara mencari informasi sebanyak-banyaknya dengan mengaktifkan pikiran bawah sadar untuk meng-update data pikiran agar keluar ide ide inpiratif untuk kemajuan diri pribadi .

Hiburan adalah media untuk berinteraksi
Manusia sebagai makhluk sosial butuh interaksi dan pengakuan dengan manusia lain dengan menggunakan hiburan itu sebagai hiburan yang sebenarnya. Seorang seniman dan artis menggunakan hiburan sebagai sarana untuk berinteraksi dengan fansnya (penggemarnya), media untuk menyampaikan ide dan pandangan mereka tentang hidup. Bagi para penikmat hiburan, berdiskusi tentang hiburan-hiburan yang menarik bagi mereka adalah sarana untuk berinteraksi dengan sesama manusia agar menghasilkan nuansa interaksi yang positif dan memberikan solusi pendapatan baru
Hiburan dapat menonjolkan kepribadian dan keunikan

Hiburan dapat dijadikan sebagai suatu identitas. Menyukai musik tertentu, film tertentu, buku tertentu, kepribadian dan keunikan dapat terbentuk dari hiburan-hiburan yang disukai. Hiburan itu tidak hanya menyenangkan tapi juga dapat dijadikan sarana untuk menonjolkan kepribadian dan keunikan.
Begitu pentingnya suatu hiburan terkadang banyak orang yang sanggup menjangkaunya dengan harga yang mahal dan terkadang diluar dari budget keuangan yang mereka miliki, yang penting hati senang dan bahagia setelah lelah beraktivitas rutin.

Siapa manusia yang tidak senang dengan hiburan yang kuat dengan pemandangan yang indah, suasana yang menyenangkan penuh denan kesenangan dan ketenangan. Sebagai contoh suatu hiburan dengan melihat pemandangan dan keindahan sebuah pemandangan air mancur, bunga tulips di taman, pemandangan indah di raja ampat, ataupun menonton film kesenangan di sebuah tempat hiburan. Masyarakat modern saat ini meminati tontonan itu dengan memasuki suatu dunia 3/4 dimensi dengan film kesukaaannya.

Merupakan hal yang menyenangkan ketika kita dapat terhibur dengan mengeluarkan uang sekitar Rp. 30.000 (Senin sd Kamis), Rp. 35.000 (Jumat) dan Rp. 40.000 (Sabtu dan Minggu) untuk 1 kali datang Di Bioskop TCC XXI Mall Tanjungpinang lantai, tepatnya di Jl. Aisyah Sulaiman Km. 8 atas Tanjungpinang. Semua mata akan berkata wow… top banget, Kece and keren secara konsep hiburan mata. Suatu bioskop juga merupakan bagian objek yang disukai semua orang tanpa memandang umur untuk dilihat dengan tanpa rasa bosan.

Apakah itu film action, horror, lucu ataupun animasi diputar di dalam dan diluar negeri tentunya dengan standar tontonan yang biasa disaksikan di sekitar kita tanpa melihat bagus dan tidak bagusnya dan sudah ternama. Semakin semarak jumlah film yang putar maka semakin segar mata untuk melihat apalagi film film yang termasuk katergori film baru seperti Critical Eleven, Pirates of carribean, KingArthur, (apalagi sudah mengetahui senopsir filmitu terlebih dahulu) disamping segar untuk dilihat dan disaksikan sekaligus moment baru untuk ber selfie ria sebagai suatu tontonan best seller atau termasuk ke dalam Box Offices.
Tentang seberapa pentingkah sebuah hiburan dalam konsep menghilangkan pikiran pusing untuk diadakan ?

Apabila dipikir mungkin ini merupakan suatu pertanyaan yang nyeleneh atau mungkin bodoh karena apabila dilihat dari fungsi dan manfaat yang ditimbulkan dari lahirnya sebuah bioskop dan menjadi poin penting dalam (Site plan) perencanaan sebuah kota menjadi Kota besar. Disamping berfungsi menjaga kualitas lingkungan perkotaan yang padat aktivitas, seharusnya juga dapat menumbuhkan rasa sosialis yang tinggi di dalam lingkungan perkotaan yang kini mengarah pada individualis tinggi.

Menumbuhkan rasa toleransi, tidak hanya terhadap sesama manusia melaikan juga terhadap mahkluk-makhluk hidup lainnya. Sebuah tontonan merupakan cerminan kota dengan manusia (masyarakat) yang baik. Manusia (masyarakat) merupakan aspek penting dalam sebuah kota, sehingga kualitas masyarakat akan mempengaruhi kualitas sebuah kota. Moment penting keberadaan hiburan yang lengkap selayaknya dimiliki segera yang dapat memberikan nilai plus tak terhingga pada suatu kenjungan besar local nasional ataupun internasional sebagai alasan prertisius sebagai kota modern. Dalam kenyataaannya, masyarakat sendirilah yang terkadang melupakan keindahan itu.

Arti kata terharu menurut KBBI (Arti kata terharu menurut KBBI (Rawan hati merasa) pada saat mendengar atau melihat sesuatu. Sesuatu yang begitu diperlukan oleh masyarakat saat ini akan kebutuhan hiburan membuat terharu hati dengan sudah lama ditunggu. Hadirnya hiburan dalam bentuk tontonan Cinema XXI di Kota Tanjungpinang yang merupakan hiburan yang berada di lingkungan perkotaan dalam terjangkau sehingga dapat mengantisipasi dampak-dampak stress yang ditimbulkan oleh perkembangan kota saat ini dan dapat dinikmati oleh seluruh warga. Sighseeing dengan sambil mendatangi Mall dapat cuci mata di sekeliling .

Mimpi rasanya melihat bioskop di tanah kota dengan berbagai kesibukan dan kesuntukkan waktu kerja. Sekarang kesadaran masyarakat yang ditunggu untuk dapat memanfaatkan keberadaan bioskop itu dalam pentingnya hiburan bagi keluarga secara bersama sama untuk generasi saat ini dan generasi berikutnya. Dulu aku bermimpi dan sekarang Aku senang dan berharap semuanya merindukan hiburan lengkap hadir juga didaerah ini seperti Trans Studio Bandung yang kuat konsep muatan lokal daerah dalam koridor “Bunda Tanah Melayu”. ***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here