Ciptakan Suasana Aman Bhabinkamtibmas Ikut Patroli

0
632
AKP Edy Supandi

TANJUNGPINANG – Menjaga keamanan di wilayah Pelantar, Polsek Tanjungpinang Kota mengedepankan Bintara pembinanaan dan keamanan ketertiban masyarakat (Bhabinkamtibmas). Kapolsek Tanjungpinang Kota, AKP Edy Supandi mengatakan, untuk di daerah pelantar saat ini tergolong kondusif karena pihaknya selalu melakukan patroli keliling. Selain itu juga ada pos ronda dari masyarakat masih aktif.

”Patroli keliling menggunakan mobil serta sepeda untuk memasuki lorong pelantar,” katanya Selasa (18/7) kemari. Ia menyebutkan, untuk patroli keliling sengaja melibatkan Bhabinkamtibmas karena sering berhadapan langsung dengan masyarakat.

Baca Juga :  Lampion Indahkan Pasar Malam Jalan Merdeka

Selain itu, patroli Bhabinkamtibmas juga mengetahui titik-titik mana saja yang rawan untuk tindakan kriminalitas. ”Daerah sepi juga menjadi pantauan kita, satu jam sekali lakukan patroli bahkan bisa kurang dari satu jam anggota sudah melakukan patroli,” jelasnya.

Menurutnya, di daerah Pasar Kota Lama pada saat malam hari tergolong sepi, sebagian para pemilik toko dan kios tidak tinggal di tempat jualan. Ini juga dinilai perlu penjagaan, jangan sampai ada oknum atau penjahat yang berniat melakukan hal-hal tak diinginkan.

Baca Juga :  Djoto Gelar Bazar Cool Homeware

Ia menambahlan, patroli dilakukan bukan hanya malam hari. Pada jam sibuk pasar, anggota juga turun ke lapangan untuk memberikan rasa aman pada masyarakat. Selian itu, Bhabinkamtibmas juga memiliki beberapa tugas lain. Diantaranya berkewajiban mendata penduduk yang baru datang dari luar daerah.

Ia menilai itu penting, mengingat kondisi saat ini. Untuk itu, ia berpesan kepada pendatang untuk melapor kepada RT/RW setempat. Biasanya, Bhabinkamtibmas turut mensosialisasikan pentingnya menjaga keamanan, ketertiban dan tenggang rasa bersama di lingkungan. ”Kalau ada kejadian segera melapor ke kita, segera akan ditindaklanjuti,” tambahnya. (cr27)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here