CPNS 2018 untuk Formasi Khusus

0
1980
Herman Suryatman

Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2018 ini di Indonesia lebih disiapkan untuk formasi khusus dan spesifik. Kemungkinan besar tidak ada penerimaan formasi administrasi umum.

TANJUNGPINANG – Kepala Biro Hukum, Komunikasi Informasi Publik, Kementerian Aparatur Negara Reformasi Birokrasi (KemenpanRB), Herman Suryatman menyampaikan, saat ini mereka masih menunggu validasi ulang data dari instansi pemerintahan di pusat dan daerah dalam rangka penerimaan CPNS pada 2018.

Validasi ini adalah kajian yang dilakukan untuk melihat kebutuhan instansi itu. Sehingga belum tentu semua usulan yang diajukan akan disetujui. Tergantung kebutuhan.

Ia memastikan, bahwa penerimaan CPNS pasti bakal digelar 2018 ini. Namun, penerimaan CPNS kali ini, pasca moratorium lebih kepada penerimaan formasi khusus, sangat spesifik.

”Selain formasi kesehatan dan pendidikan, dan formasi lainnya yang berhubungan dengan kor bisnis masing-masing instansi, tapi lebih titik berat yang jabatan spesifik. Bukan lagi formasi administrasi umum,” jelas Herman kepada Tanjungpinang Pos via ponselnya, Minggu (7/1) kemarin.

Disinggung soal apakah nanti persyaratannya lebih mengedepankan lulusan terbaik dari universitas negeri ataupun swasta, Herman menyampaikan sesuai aturannya penerimaan pegawai kali ini adalah sosok pekerja yang siap memberikan layanan, bekerja profesional, bukan pegawai yang tidak siap bekerja.

”Saat ini kami masih fokus validasi data penerimaan dari masing-masing daerah dulu, setelah itu baru masuk tahap persyaratan yang diinginkan,” jelas Herman.

Sedangkan khusus wilayah Provinsi Kepri, Herman menceritakan, Pemprov Kepri sudah menyerahkan berapa banyak dan apa-apa saja formasi yang akan dibutuhkan sesuai kebutuhannya nanti.

”Yang jelas Kepri adalah salah satu yang menjadi perhatian. Karena kebutuhan objektif di lapangan. Kepri kan punya pintu gerbang Batam, itukan menyangkut kepentingan nasional,” tutupnya menegaskan.

Informasi yang diperoleh di lapangan, saat ini, Pemprov Kepri, Pemko Batam, Pemko Tanjungpinang, Pemkab Bintan sudah mengusulkan penerimaan CPNS tahun 2018. Pemko sendiri mengusulkan 200 guru dan tenaga kesehatan. Demikian juga Pemprov Kepri. Sedangkan Pemko Batam mengusulkan sekitar 2.000 orang.

Hanya saja, tak banyak jurusan yang akan diterima tahun. Guru dan tenaga kesehatan yang paling banyak kosong. CPNS lainnya yang dibutuhkan adalah lulusan-lulusan tertentu.(SUHARDI)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here