Cuaca Buruk, Durian Gagal Panen

0
908
DURIAN: Seorang pedagang buah durian di pinggir jalan Pantai Kencana.f-ISTIMEWA

NATUNA – Tahun ini petani durian di Desa Limau Manis, Kecamatan Bunguran Timur Laut gagal panen. Sebab, beberapa kali berbuah kualitas dan jumlah buahnya tidak sebanyak seperti tahun sebelumnya.

Usman, seorang petani durian Desa Limau Manis menuturkan, durian tahun ini tidak banyak berbuah. Kalaupun ada dalam satu pohon, namun jumlah buahnya tidak banyak.

”Durian tahun ini gagal panen. Kami tak banyak berharap, dan kalau tahun sebelumnya lumayan banyak,” kata Usman di Ranai, kemarin.

Durian mulai berbunga sejak tiga bulan yang lalu, dan kala itu pohon-pohon durian milik warga banyak mengeluarkan bunga. Akan tetapi, hingga buahnya keluar dari putik bunga tiba-tiba banyak yang berguguran.

Baca Juga :  Pelajar Dialog dengan Dewan

”Padahal dulu bunganya banyak sekali, tapi mungkin karena kena cuaca buruk atau adanya faktor hama dan banyak yang gugur,” ungkap Usman.

Saat ini, buah durian di Natuna sudah besar dan bahkan sudah mulai masuk musim panen pertama. Hanya saja, panen kali ini tidak sesemarak panen tahun lalu.

”Sebenarnya, kalau buah duriannya jadi kita sudah mulai panen. Cuma karena buahnya sedikit, makanya tidak ramai,” tutupnya. (abh)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here