Cuaca Buruk, Harga Ikan Naik

0
119
SALAH satu pedagang ikan di Pasar Ranai saat menunggu pembeli. f-hardiansyah/tanjungpinang pos

NATUNA – Sejak dua hari terakhir, pasokan ikan di Pasar Ranai menurun dan hal ini juga berdampak pada harga ikan. Candra salah satu pedagang ikan mengatakan, harga ikan yang mengalami kenaikan adalah jenis ikan tongkol.

Ikan jenis ini dijual antara Rp35ribu hingga Rp40 ribu per ekor ukuran besar. Sedangkan, ikan karang masih dijual Rp40ribu per kilogram.

Harga ini masih stabil, lantaran pasokan ikan karang tidak mengalami penurunan.

”Lihat saja ini, meja banyak kosong karena pasokan ikan dari nelayan sedikit. Sekarang hanya beberapa pedagang saja yang masih menjual ikan,” ucap Candra ditemui di Pasar Ranai, Selasa (16/7).

Menurut Candra, kondisi kekosongan pasokan ikan dipicu cuaca ekstrem yang terjadi sejak dua hari ini. Sehingga, nelayan lokal yang menggunakan perahu kecil belum bisa melaut.

”Yang rutin pasok ikan itu biasanya nelayan dengan kapal kecil (Pompong). Kalau kapal besar, itu melautnya 4-5 hari baru balek,” tandasnya.

Dengan kondisi tersebut, Candra berharap cuaca kembali normal sehingga nelayan tradisional dapat kembali melaut dengan aman. Hal ini tentu akan berdampak pada pendapatan nelayan dan pasokan ikan di pasar Ranai kembali normal. (hrd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here