Cuaca Buruk, Masyarakat Diminta Waspada

0
518
ANGIN KENCANG: Gelombang tinggi beserta angin kencang menerjang salah satu pantai di Natuna baru-baru ini. F-HARDIANSYAH/tanjungpinang pos

NATUNA – Hingga kini cuaca buruk masih menyelimuti Kabupaten Natuna, seperti angin kencang dan gelombang laut yang tinggi. Untuk itu, gelombang tinggi cukup rawan bagi aktivitas pelayaran bagi kapal niaga dan nelayan.

Berdasarkan sumber prakiraan cuaca yang disampaikan Asrul dari dari Stasiun Meteorologi Ranai mengatakan, bahwa sejak dua hari lalu hingga sekarang angin masih berhembus kencang dan menyebabkan gelombang laut menjadi tinggi.

”Kepada masyarakat diminta untuk tetap waspada terhadap awan gelap dan tebal, karena dapat menimbulkan hujan lebat yang disertai petir dan angin kencang. Kondisi itu, menyebabkan terjadinya gelombang laut tinggi secara tiba-tiba,” kata Asrul, melalui pesan singkat, kemarin.

Ia menambahkan, probabilitas potensi hujan didominasi hujan ringan dan terjadi dibeberapa wilayah seperti Kecamatan Bunguran Utara, Kecamatan Serasan, Kecamatan Midai, Kota Ranai, Sedanau, Subi dan Kumbik.

”Probabilitas potensi hujan ringan terjadi pada sore hari, hingga pada malam hari sekitar 50 sampai 60 persen,” jelas Asrul.

Sedangkan, untuk gelombang laut diperkirakan pagi hari tingginya mencapai 0,5 sampai dengan 3,5 Meter. Sementara, pada siang hari tinggi gelombang 0,5 sampai 3 meter.

”Gelombang maksimum diperkirakan dapat dua kali lipat, dari tinggi gelombang yang tertera di atas. Untuk itu, diminta masyarakat supaya tetap waspada dan berhati-hati. Karena dua hari sebelumnya, tinggi gelombang mencapai 3 sampai 4 meter,” tutupnya. (hrd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here