Cuaca Buruk, Melaut Rugi, Tak Melaut Pun Rugi

0
1033
POMPONG: Nelayan menggunakan pompong saat melaut di Pantai Semelur, Desa Berakit. F-jendaras/tanjungpinang pos

BINTAN – Musim angin utara sudah berlalu. Namun musim angin barat tidak serta-merta membuat cuaca melaut menjadi lebih baik. Kondisi cuaca mudah berubah menjadi buruk ini yang membuat nelayan rugi, terutama pemilik kelong apung.

Indra (24), seorang nelayan kelong apung dengan ukuran kecil yang ditemui, Rabu (10/5) lalu mengatakan, cuaca saat ini memang cukup baik dibandingkan musim angin utara lalu. Tapi demikian, cuaca laut yang berubah masih menyisakan kendala untuk melaut.

Menurutnya, jika kondisi melaut dalam cuaca normal, penghasilan yang didapat dapat mencapai Rp 900 ribu hingga Rp 1 juta setiap kali turun ke laut. Namun jika situasi cuaca sedang buruk penghasilan hanya mencapai Rp 500 ribu saja. Sedangkan biaya untuk operasional melaut lebih dari itu.

Baca Juga :  262 Pegolf Ramaikan Piala Presiden BLR

”Kalau cuaca buruk penghasilan hanya Rp 500 ribu paling besar. Sedangkan biaya minyak solar saja sudah Rp 600 ribu, belum termasuk bekal (logistik) selama melaut,” katanya.

Dijelaskannya, bila kondisi cuaca buruk, biasanya dirinya bersama rekan-rekan hanya diam di rumah. Tapi terkadang melaut, agar ada aktivitas.

”Kadang susah juga, kalau kondisi cuaca buruk tiba-tiba seperti ini. Melaut rugi, tidak melaut tidak ada penghasilan. Namun kalau semua sudah dipersiapkan terpaksa lah melaut. Harapannya mendapatkan ikan sebanyak-banyaknya saja biar tidak merugi,” sebutnya.

Baca Juga :  Bupati Tambah Lagi Insentif Guru Ngaji

Dikatakannya lagi, dengan kondisi cuaca nelayan hanya bisa pasrah. Bila cuaca bagus, nelayan terus semangat untuk melaut agar penghasilan yang rugi dapat ditutupi. Terutama untuk perbaikan kelong apung.

”Kalau lagi bagus, alhamdullah lah. Makanya kami selalu manfaatkan cuaca bagus untuk melaut. Namun saat seperti ini tetap waspada dengan cuaca yang kerap berubah,” tambahnya. (aan)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here