Cuaca Ekstrem, Guru Tetap Mengajar ke Pulau

0
388
GURU yang bertugas di Pulau Sirai dan pelajar menggunakan pompong, saat pergi dan pulang sekolah, meski cuaca ekstrem, seperti saat ini, kemarin. f-yendi/tanjungpinang pos

MANTANG – Sejak sepekan terakhir, cuaca ekstrem selalu terjadi. Namun, kondisi menyeramkan ini tidak menyurutkan niat bagi guru yang bertugas di daerah pulau.

Seperti yang dialami sejumlah guru yang bertugas di Pulau Sirai, Kecamatan Mantang. Sebagian guru yang mengajar di pulau terisolasi ini, berasal dari Bintan Timur. Untuk menempuh Pulau Sirai, guru harus mengarungi lautan dengan ombak yang tinggi. Apalagi saat musim angin kuat dan cuaca ekstrem sekarang.

”Tak bisa dibayangkan, kami harus menghadapi rintangan ini. Walau cuaca ekstrem, guru tetap mengajar ke pulau,” kata Santy, seorang guru SD di Pulau Sirai.

Untuk mencapai Pulau Sirai, belasan guru naik pompong atau kapal motor kayu, dari Kelurahan Sungai Enam, setiap pagi. Jarak tempuh ke Pulau Sirai, hampir 45 menit.

”Selama di laut, kami berdoa agar tidak terjadi kenapa-kenapa. Semoga saja, kami guru bertugas di daerah pulau ini, disediakan pompong yang ukuran lebih besar. Karena, sebagian murid juga ada yang naik pompong,” ungkapnya.

”Karena, pompong angkutan sekolah ini, kan melayani antarpulau yang satu dengan beberapa pulau lainnya,” demikian Santy, yang tak surut niatnya untuk mengajar anak pulau. (fre)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here