Cuaca Estrem, Polairud Minta Warga Waspada

0
164
Personel Polairud Polres Tanjunginang memasang sempanduk meminta agar warga saat berada di pantai Tanjungsiambang Dompak, tetap harus hati-hati, kemarin. f-raymon/tanjungpinang pos

TANJUNGPINANG – Musim utara sudah tiba. Angin kencang yang memicu gelombang laut tinggi terjadi di perairan Kepri termasuk di Perairan Tanjungpinang. Para jasa angkutan laut diminta tetap waspada, termasuk warga yang beraktivitas di pesisir.

Satuan Polairud Polres Tanjunginang mengingatkan para pengguna jasa angkutan laut harus hati-hati saat sedang berada di laut.

Kasat Polairud Polres Tanjungpinang, Iptu Ryan Tri Putra mengatakan, untuk menjaga keselamatan maka perlu peran dari kita bersama untuk melengkapi alat keselamat pelayaran seperti life jacket.

”Pastikan sarana transportasi anda sudah laik laut dan lengkapi dokumen pada saat dan sebelum berlayar,” katanya Rabu (2/1).

Kasat menyebutkan, bagi angkutan laut sebelum melakukan pelayaran untuk berpedoman pada prakiraan cuaca dari BMKG. Apabila cuaca buruk baiknya berhenti melakukan aktifitas di perairan.

”Setiap kapal-kapal kita berikan imbauan agar selalu memperhatikan cuaca sebelum berlayar,” tuturnya.

Selain itu, pihaknya juga memberikan peringatan di pantai Tanjung Siambang, Ryan menjelaskan, mengingatkan bagi para pengunjung pantai untuk berhati-hati pada saat berenang patuhi aturan-aturan yang ada dan selalu waspada terhadap perubahan cuaca.

”Kita ketahui sekarang angin dan ombak kuat maka perlu kewaspadaan kita, pada saat berenang di pantai. Orang tua untuk mengawasi putra dan putri saat bermain,” jelasnya.

Lanjutnya, pihaknya harus mengawasi keamanan laut Tanjungpinang, dengan patroli mengunakan kapal untuk memastikan baik nakhoda dan kru kapal dalam keadaan aman.

”Kita keliling patroli, itu untuk menjaga kamtibmas, pihaknya telah bekerja sama dengan para pemilik kapal serta para nelayan untuk berkoordinasi bila ada kegiatan yang mencurigakan agar segara dilaporkan,” ujarnya. (ray)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here