Cuaca Memburuk, Pelayaran Tertunda

0
318
KAPAL feri terpaksa ditambat di dermaga pelabuhan Sribintan Pura, ketika cuaca buruk dan penundaan keberangkatan, Jumat (20/4) kemarin. F-RAYMON/TANJUNGPINANG POS

TANJUNGPINANG – HUJAN deras, menyebabkan cuaca buruk di perairan Kota Tanjungpinang, Jumat (20/4) siang kemarin. Akibatnya, pelayaran kapal tujuan pelabuhan Sribintan Pura Tanjungpinang ke Batam sempat ditunda.

Kepala Pos KSOP Sutrisno mengatakan, hujan deras ini belum mempengaruhi pelayaran kapal baik keberangkatan dan kedatangan. Tapi, ketika hujan deras, pihak KSOP sempat menunda keberangkatan satu kapal, tujuan Batam. ”Hujannya lumayan lebat, kita menunda satu kapal sewaktu hujan,” katanya.

Sutrisno menuturkan, jarak pandang saat hujan sekitar 200-300 meter, maka dari itu untuk mencegah hal yang tidak diinginkan kapal sementara ditunda. ”Hanya hujan saja, ombak tidak ada,” tuturnya.

Sutrisno menuturkan, bahwa satu kapal yang ditunda keberangkatannya, disebabkan kondisi cuaca yang tidak mendukung (buruk). Hujan deras menyebabkan jarak pandang kurang.

Penundaan kedua pelayaran kapal ini bertujuan agar memberikan keamanan para penumpang, saat berlayar nantinya. Sehingga hal-hal buruk yang tidak diinginkan tidak terjadi. ”Kita hindari kecelakaan laut saja, tunggu jarak pandang normal baru kita berangkatkan,” ucapnya.

Sutrisno menjelaskan, sudah berkoordinasi ke BMKG mengenai cuaca, yang kurang bersahabat. Serta berkoordinasi dengan pihak terkait di seluruh pelabuhan yang ada di Kepri. ”Pelayaran kembali normal dan aman untuk berlayar, setelah hujan sedikit reda,” pungkasnya.(RAYMON)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here