Cuma Harga Beras yang Stabil

0
205
Petugas yang tergabung di TPID saat memantau ketersediaan sembako beberapa waktu lalu. f-dokumen/tanjungpinang pos

BATAM – Harga sembako menjelang lebaran dinilai stabil. Kalaupun ada kenaikan harga untuk daging, namun dinilai masih batas yang wajar. Untuk mengantisipasi kenaikan daging sudah disiapkan langkah mendatangkan daging kerbau beku. Daging kerbau diyakini mampu menekan kemungkinan terjadi kenaikan harga daging sapi.

Kepala Bank Indonesia (BI) Kepri, Gusti Raizal Eka Putra, Selasa (5/6) mengungkapkan, pihaknya dari tim pengendali informasi publik (TPID), sudah melakukan survei. Hanya harga beras yang masih stabil. ”Daging naik, tapi masih belum menghawatirkan. Kita siapkan langkah antisipasi,” jelasnya.

Langkah antisipasi dimaksud, terkait dengan pengadaan daging kerbau beku. ”Itu sebenarnya bagus daging kerbau. Itu sama dengan daging sapi. Makanya kita siapkan itu sebagai alternatif, menekan kenaikan harga daging sapi. Jadi masih terkendali dan kita harap selama musim libur, semua terkendali, sehingga nyaman selama ramadhan,” bebernya lagi.

Sementara Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad mengatakan, menjelang lebaran, semua stok sembako aman. Banyak stok sembako yang tersedia. ”Ada yang disebut bisa bertahan hingga bulan depan dan dua bulan setelah lebaran. Jadi jangan ada warga yang panik, hingga memborong,” imbau Amsakar.

Selain daging, diakui juga ada kenaikan pada komoditas lain. Di antaranya, daging ayam, telur dan cabe naik.

Kepada para distributor, diminta agar menyampaikan persoalan yang dihadapi, agar bisa dicari solusi. ”Sampai sejauh ini, belum berkontribusi signifikan. Walau ada kenaikan, tapi belum signifikan? mempengaruhi inflasi. Inflasi naik 0,3 sampai 0,4,” bebernya.

Selain itu, sebelumnya Amsakar juga menghimbau agar maskapai penerbangan, menambah jadwal tambahan atau extra flight, dibandingkan menjual harga tiket di atas batas harga. ”Diakui, saat ini harga tiket masih terkendali atau masih batas harge eceran tinggi (HET). Minta maskapai untuk menyiapkan ekstra flight daripada membiarkan harga naik karena keterbatasan tiket. Dishub agar memantau ini,” kata Amsakar.(MARTUA)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here