Daftar JKN-KIS Bisa Lewat Telepon

0
745

BATAM – Dalam rangka mendukung terwujudnya jaminan kesehatan JKN/KlS yang berkualitas dan berkesinambungan.

BPJS Kesehatan diakui telah melakukan terobosan baru untuk perluasan jumlah kepesertaan program Jaminan Kesehatan Nasional -Kartu lndonesia Sehat (JKN-KIS). Pendaftaran bisa dilakukan melalui telepon.

Demikian Kepala BPJS Kesehatan Cabang Batam, dr. Tavip Hermansyah, Kamis (6/4) di Batam. Diakui hal itu ilakukan untuk mempermudah akses masyarakat mendaftar sebagai peserta JKN-KlS, BPJS Kesehatan.

Calon peserta tidak perlu mengantri panjang di kantor BPJS Kesehatan, dengan menekan tombol 1500400 melalui ponselnya.

Baca Juga :  Distribusikan CNG di Batam dengan Cradle

”Calon peserta bisa melakukan pendaftaran via telepon ke BPJS Kesehatan care center,” katanya.

Yang perlu dipersiapkan calon peserta sebelum mendaftar via telepon, nomor kartu keluarga, nomor induk kependudukan, nomor rekening tabungan, nomor handphone, alamat domisili/tempat tinggal dan dan alamat email.

”Setelah itu, calon peserta bisa menghubungi BPJS Kesehatan Care Center 1500400. Calon peserta akan dilayani agent care center. Pembicaraan antara calon peserta dengan agent akan dijadikan bukti pendaftaran,” bebernya.

Setelah Agent Care Center menyatakan pendaftaran via telepon selesai, Nomor Virtual Account akan dikirim ke nomor ponsel atau email calon peserta.

Baca Juga :  PGN dan Krakatau Steel MoU Kembangkan Energi

Kemudian 14 hari setelah calon peserta mendapat sms/email Nomor Virtual Account, calon peserta harus membayar iuran untuk pertama kalinya.

”Sejak pembayaran pertama tersebut kartu peserta telah aktif dan fisiknya akan dikirim ke kantor cabang yang paling dekat dengan alamat peserta untuk cabang non pilot project seperti Cabang Batam.

Sementara, untuk kantor cabang yang masuk kategori pilot project, kartu akan dikirim langsung ke alamat peserta.

Menurut Tavip, masyarakat bisa mendaftar sendiri secara gratis. BPJS Kesehatan hanya menarik iuran wajib per bulan sesuai pilihan kelas peserta. Sementara peserta yang mendaftar via Care Center, wajib melakukan pembayaran pertama ke bank. Pembayaran selanjutnya, bisa melalui autodebet.

Baca Juga :  Pemko Tak Terapkan Upah Pungut

”Jangan percaya jika ada pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab mengatakan bisa membantu mendaftarkan dengan imbalan uang, itu berarti pungli,” tegas Tavip.(MARTUA)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here