Daftar PPPK Minimal S1

0
913
PARA guru SMPN 10 Tanjungpinang saat mengikuti upacara kenaikan bendera, belum lama ini di sekolah itu. Saat ini, masih banyak guru di Kepri berstatus honorer.f-martunas/tanjungpinang pos

JAKARTA – Lowongan sebagai pegawai setara PNS atau Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) dibuka besok. Besaran gaji tentu menjadi salah satu perhatian pelamar yang ingin mengikuti seleksi ini.

Berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 49 Tahun 2018 pasal 38 mengenai penggajian dan tunjangan, pegawai setara PNS akan diberikan gaji berserta tunjangan. Besaran gaji serta tunjangan tersebut sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku bagi PNS.

”Gaji dan tunjangan sebagaimana dimaksud pada ayat berlaku sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku bagi PNS,” bunyi ketentuan.

Sebagai informasi, besaran gaji PNS berdasarkan PP Nomor 30 Tahun 2015 tentang Perubahan Ketujuh Belas Atas PP Nomor 7 Tahun 1977 tentang Peraturan Gaji PNS masih sama dengan tahun 2015 lalu.

Dalam peraturan tersebut, gaji pokok PNS jabatan terendah atau golongan IA dengan masa kerja 0 tahun ialah sebesar Rp1.486.500. Kemudian untuk golongan IIIA dengan masa kerja 0 tahun sebesar Rp2.456.700. Sedangkan untuk golongan tertinggi atau IVE masa kerja 32 tahun sebesar Rp5.620.000.

Baca Juga :  Tarif Listrik Batam Direvisi

Selain gaji, PPPK juga mendapatkan tunjangan yang besarannya berbeda di masing-masing instansi. Komponen tunjangan umumnya lebih besar dari gaji pokok yang didapatkan.

Sebagai informasi, pemerintah sendiri akan membuka lowongan tersebut pada 8 Februari besok dengan formasi guru, tenaga kesehatan, THL Pertanian dan dosen PTN baru.

Syarat Honorer K2 Bisa Daftar PPPK
Informasi pendaftaran PPPK (pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja) dari honorer K2 sudah bisa diakses mulai besok (8/2) di SSCASN BKN (sistem seleksi calon aparatur sipil negara Badan Kepegawaian Negara) yakni https://sscasn.bkn.go.id.

Baca Juga :  Tiga Kajari di Kepri Berganti

Sebelum mendaftar, ada baiknya seluruh honorer K2 memerhatikan ketentuan yang ditetapkan pemerintah.

”Besok pukul 16.00 WIB bisa akses portal SSCASN. Dipelajari dulu isinya baru daftar,” kata Karo Humas Badan Kepegawaian Negara iBKN) Mohammad Ridwan di Jakarta, Kamis (7/2).

Dia menyebutkan beberapa persyaratan pada rekrutmen PPPK tahap pertama yakni:

a) Jabatan guru di lingkungan pemerintah daerah mempunyai kualifikasi pendidikan minimal S-1 dan masih aktif mengajar sampai saat ini (dapat dicek di http://info.gtk.kemdikbud go.id)

b) Tenaga kesehatan mempunyai kalifikasi pendidikan minimal D-I bidang Kesehatan dan mempunyai STR yang masih berlaku (bukan STR internship), kecuali untuk Epidemiolog. Entomolog. Administrator Kesehatan, dan Pranata Laboratorium Kesehatan mempunyai kualifikasi pendidikan D II1/S-1 Kimia/Biologi.

c) Penyuluh pertanian mempunyai kualifikasi pendidikan minimal SMK bidang Pertanian atau SLTA plus sertifikasi di bidang pertanian.

Baca Juga :  Bagi Orang Tua yang Khawatir, Boleh BDR

Kemudian masa hubungan kerja P3K paling singkat 1 tahun dengan perpanjangan berdasarkan pada pencapaian kinerja dan kebutuhan instansi sesuai PP No. 49 Tahun 2018.

”Sebagai informasi, perolehan gaji untuk PPPK pada instansi pusat dibebankan pada APBN dan untuk PPPK instansi daerah dibebankan pada APBD serta bisa menerima tunjangan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan,” terang Ridwan.

Dia menambahkan, aturan teknis dari PP No 49 tahun 2018 tentang Manajemen PPPK akan diteruskan melalui Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi dan Peraturan BKN. (net/jpnn)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here