Daftar Sekolah Bisa dari Rumah

0
1136
PULANG SEKOLAH: Pelajar Sekolah Dasar saat pulang sekolah. f-suhardi/tanjungpinang pos

BATAM – Penerimaan peserta didik baru (PPDB) yang tahun lalu dibuka pendaftarannya di mal-mal di Batam, ditiadakan pada tahun ajaran 2017/2018.

Untuk tahun ini PPDB dibuka melalui sistem online. Nanti, PPDB bisa dilakukan dengan mengakses aplikasi berbasis android. Sehingga, orang tua bisa mendaftarkan anaknya dari rumah tanpa harus ke sekolah.

Kepala Dinas Pendidikan Batam, Muslim Bidin, Selasa (16/5) mengungkapkan, salah satu keunggulan dari sistem baru ini, peserta seperti mendaftar masuk perguruan tinggi negeri. Dimana, peserta bisa mendaftar di tiga sekolah.

Baca Juga :  Pemko-BP Memaksimalkan ROW Jalan

”Kita memberikan kemudahan dengan membuka secara online. Orang tua bisa mendaftarkan anaknya di rumah,” kata Muslim.

Tidak hanya itu, peserta selain tidak repot untuk mendaftar keluar rumah, pendaftar juga bisa memilih tiga sekolah. Dengan demikian, memudahkan peserta didik memilih sekolah tanpa repot mendatangi sekolah atau tempat pendaftaran yang dibuka sekolah yang dituju.

”Peserta bisa mendaftar di tiga sekolah berbeda sekaligus. Kalau tidak diterima disatu sekolah, bisa mengharap diterima di dua sekolah lain,” beber Muslim.

Bahkan menurut Muslim, pendaftaran secara online ini tidak hanya diikuti sekolah negeri di Batam. Namun ada juga sekolah swasta yang masuk dalam sistem penerimaan online itu. Sehingga warga Batam bisa mengikuti pendaftaran dengan alternatif lebih luas.

Baca Juga :  DPRD Harus Tuntaskan Ranperda Kampung Tua

”Sekolah negeri dan ada sekolah swasta terkemuka yang masuk dalam sistem ini. Ini sistem yang memudahkan calon siswa mendaftarkan diri. Orang tua tidak perlu repot,” beber Muslim.

Dengan sistem yang baru itu, akan diketahui jumlah siswa yang ada di sekolah swasta dan negeri. Dimana, untuk mendukung sistem baru itu, Disdik membangun sistem mandiri, bekerjasama dengan Kominfo.

”Tahun lalu hanya negeri sudah online. Tahun ini ditambah swasta,” bebernya.

Sementara untuk PPDB sekolah unggulan, seperti SMP 6, SMP 3 dan SMP 26 akan memulai proses PPDB pada 5 juni mendatang.(MARTUA)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here