Damkar Butuh Peralatan Memadai

0
254
PERSONEL Satpol PP saat berusaha memadamkan api yang menghanguskan kebun milik masyarakat, belum lama ini. F-ISTIMEWA

LINGGA – Minim sarana dan prasarana unit Pemadam Kebakaran (Damkar), menyebabkan personel Satpol PP Kabupaten kewalahan setiap menjalankan tugas saat terjadi kebakaran.

Akibatnya, jika terjadi musibah kebakaran para petugas kewalahan mmenjalankan tugas dengan maksimal. Hal ini disampaikan Kabid Penegakan Peraturan Daerah (Perda), Febrizal Taufik, Sabtu (17/2).

Dikatakannya, saat wilayah Kabupaten Lingga sedang mengalami musim kemarau ditambah memasuki musim timur dengan angin utara yang masih kencang bertiup, hal ini, dapat menyebabkan rawan terjadi kebakaran hutan.

”Dalam catatan unit Damkar, dalam satu bulan terakhir sudah menanggulangi 6 titik kebakaran di wilayah Kecamatan Singkep. Meskipun dengan peralatan seadanya, yang terkesan kurang memadai, satuan ini tetap bekerja dengan semangat yang tinggi dan berhasil menjinakkan api,” jelasnya.

Keterbatasan sarana dan prasarana yang dimiliki saat bekerja, ada saja masalah yang harus segera dibenahi. Untuk itu, ia berharap keadaan yang seperti ini dapat menjadi perhatian pemerintah.

Unit damkar perlu menadapat suplay anggaran yang memadai untuk operasional. ”Jangan hanya ketika ada musibah baru memandang perlu dimaksimal sarana prasarana itu. Namun, dengan waktu berjalanlah lah tersebut perlu dilakukan,” ucapnya.

Ia berharap pemangku kebijakan di Lingga, pemarintahan Provinsi Kepri maupun pusat memperhatikan minimnya sarana dan prasaran pemadam kebakaran di Lingga. ”Kita berharap ada perhatian untuk memenuhi sadana dan prasarana pemadam kebakaran,” imbuhnya. (tir)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here