Damkar Kewalahan Atasi Kebakaran Lahan

0
669
PERSONEL Dinas Pemadam Kebakaran dibantu oleh pihak Lanal Tarempa untuk memadamkan api yang membakar lahan hutan gambut Kecamatan Bunguran Timur.F-ISTIMEWA

Sejak Jumat (23/3) siang hingga malam hari kebakaran yang terjadi di wilayah Masjid Agung dan sekitarnya, menghabiskan puluhan hektar lahan gambut kering akibat musim kemarau yang terjadi sejak awal bulan maret.

NATUNA – Kebakaran tersebut sempat dipadamkan oleh para petugas Damkar Natuna, namun karena hembusan angin kencang membuat api yang telah padam kembali menyala dan merambat hingga kebelakang dan samping kantor Kecamatan Bunguran Timur.

”Awalnya sempat padam, ternyata menjelang sore hari api yang sempat padam itu kembali menyala dan menghanguskan puluhan hektar disekitar area masjid agung. Tepatnya di samping kantor Kecamatan Bunguran Timur,” kata Syawal, Kadis Pemadam Kebakaran, Jumat (23/3) malam.

Baca Juga :  Waspada Teror, Lanud Memperketat Penjagaan

Syawal mengungkapkan, sejak siang hari sampai malam hari para petugas Damkar sudah berusaha semaksimal mungkin dalam menjalankan prosedur pemadaman. Namun, karena lahan yang terbakar sangat luas membuat para petugas kewalahan mengatasinya.

”Kita sudah berusaha maksimal, karena kebakaran itu sangat luas kita juga meminta bantuan kepada Danlanal Ranai untuk menerjunkan mobil Pemadam Kebakaran,” ujar Syawal.

Sedikitnya, 2 unit mobil pemadam kebakaran dari Pemda Natuna dan 2 unit mobil pemadam kebakaran serta 1 unit mobil tangki dari TNI AL diterjunkan ke lokasi kebakaran.

Baca Juga :  Natuna Makin Digemari Yachter Eropa

Komandan Lanal Ranai Letkol Laut (P) Harry Setyawan yang turun langsung ditempat kejadian menuturkan, setelah menerima laporan tentang adanya kebakaran di daerah Area Masjid Agung Natuna nyaris merembet ke Kantor Camat Bunguran Timur.

Pihaknya langsung mengirimkan bantuan berupa mobil pemadam kebakaran dan sejumlah personel TNI AL, untuk membantu pemadaman api di lahan itu. ”Dengan adanya musibah seperti ini, kita berusaha memberikan yang terbaik untuk masyarakat, agar kebakaran tidak merembet ke pemukiman masyarakat,” jelas Letkol Laut (P) Harry Setyawan.

Baca Juga :  Natuna Dipastikan Aman dari Virus HFMD

Pihaknya mengimbau, kepada seluruh masyarakat untuk tidak sembarangan membakar lahan yang bisa berakibat merugikan mayarakat lainnya. Apalagi disaat musim kemarau ini, lahan kering menjadi ancaman bila tersulut api dan dapat membahayakan pemukiman warga dan gedung-gedung penting termasuk masjid.(HARDIANSYAH)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here