Dan Pejabat Pemprov pun Kasak-Kusuk

0
135
Nurdin Basirun menyalami ASN Pemprov Kepri. F-istimewa/humas pemprov kepri

Rotasi Kepala OPD Pemprov Januari 2019

Kabar bakal ada perombakan kabinet kerja Gubernur Kepri Nurdin Basirun kembali muncul. Nurdin di kabarkan akan merombak seluruh pejabat yang dinilai takut melakukan inovasi dan kebijakan. Sejumlah pejabat juga disebut-sebut sibuk untuk memperbaiki kinerja dan melakukan pendekatan kepada kepala daerah.

DOMPAK – Kepala Badan Kepegawaian (BKD) dan Sumber Daya Manusia (SDM) Provinsi Kepri, Firdaus, mengakui bahwa Nurdin sudah meminta sejumlah data nama pejabat yang sudah memenuhi persyaratan untuk promosi dan rotasi. ”Firdaus, menyampaikan, rotasi pejabat bisa saja dilakukan akhir 2018 atau awal Januari 2019 mendatang. Menurut dia semua tergantung kebijakan kepala daerah. Dirinya hanya diminta menyiapkan berkas yang nantinya akan dipertimbangkan kepala daerah untuk proses tersebut.

”Kami sudah serahkan nama-nama, berkas itu untuk dipertimbangkan Gubernur. Tentu saja Pak Gubernur ingin pejabat yang giat yang giat bekerja serta memiliki prestasi yang baik,” ujar Firdaus kepada wartawan di Tanjungpinang, kemarin.

Saat disinggung apakah yang akan dirotasi adalah pejabat Kepala OPD yang saat ini dinilai belum kinerjanya belum menunjukan ada prestasi dalam membantu Nurdin sebagai kepala daerah? Firdaus, enggan menyampaikan, persoalan itu. Ia hanya menyebut, pejabat harus siap ditempatkan dimana saja, sesuai arah dan petunjuk kepala daerah.

Sementara itu, Sekdaprov Kepri H Ts Arif Fadillah menambahkan, saat ini berkas-berkas pejabat sudah di tangan Gubernur dan Wakil Gubernur Kepri. Hanya saja, ia memperkirakan akan ada rotasi pejabat setingkat eselon II, III dan IV tahun depan.

Arif menambahkan, dirinya memastikan bahwa tidak mungkin akan dilakukan penghujung tahun ini. “Saya belum tahu, semua tergantung kepala daerah,” sebutnya.

Sepanjang 2018, beberapa pejabat eselon II yang dinilai tak berani mengambil keputusan. Bahkan, selama ini kepala dinas masih sangat tergantung kepada gubernurnya terkait pengambilan Nurdin di samping fokus dengan pelayanan langsung ke tengah masyarakat, dirinya juga tidak boleh luput mengamati kinerja para kepala dinas.

Apalagi saat ini, tidak bisa di pungkiri banyak kepala dinas yang tidak berani mengambil keputusan. Padahal, sebenarnya kepala dinas sudah memiliki kewenangannya masing-masing.“ Kepala OPD yang harusnya dievaluasi Kepala Dinas Perkim, -Kepala Dinas Perhubungan, Kepala Kesbangpol, Kepala Satpol PP, Kepala BLHP, Kepala Biro Humas dan Protokol, Kepala Dinas Pendidikan, Kepala dinas pertanian, Kepala badan perizinian terpadu, Kepala Dinas Oertambangan, Kepala Dinas Tenaga Jerja, Kepala Dinas Pariwisata, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM, Kabid Bina Marga, Kabid Perhubungan Darat, Kabid Pendapatan, Kabid Pemuda, Kabid Olahraga, Kabid Perizinan, Kabid Promosi, Kabid Penghubung, Kabid Program pada Bappeda, Kabid Penertiban Perda, Kabid Perlindungan Perempuan dan anak.(SUHARDI)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here