Dana Bos Rawan Diselewengkan

0
962
Pelantikan: Gubernur Kepri Nurdin Basirun saat melantik Kepala Sekolah SMA dan SMK se-Kepri beberapa waktu lalu. f-dokumen/tanjungpinang pos

MBS. apakah kota tanjungpinang wajar dapat gelar “layak Anak” saya bilang belum layak. Anak-anak SD saja dana BOS banyak diselewengkan.. Ada juknis tapi itu semua nonsen, Anak saya honor dan jadi bendahara salah satu SD, tiap pulang nangis.. Apa sebab? ah tak sesuai dengan hati nuraninya. jadi ditekan kepsek.

Coba bayangkan uang Rp 300 JT Setahun. Tiap bulan bayar air, listrik, internet pegawai honor. Berapalah? bantuan diknas untuk alat kebersihan? Alat-alat olahraga hampir tak ada. yang ada bantuan dari dispora TPI. Jadi dibuat penuh kecurangan yang untuk memperkaya kepsek saja. kalau tak ambil muka ke disdik atau setor rahasia.

Jadi betul kebohongan saja yang ada. kasihan betul bendahara. Siapa yang menikmati kepsek. siapa yang sakit? ya anak saya. Wahai Kepsek mau mendustai dana bos jangan ngajak orang. Wahai pengurus ketua K3S, anda mesti bertanggungjawabdalam hal ini akrena sudah mempengaruhi seluruh kepsek.
085834668313

Tanggapan:
Keberadaan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dari pemerintah pusat sangat membantu dalam suksesnya aktivitas belajar mengajar di sekolah. Fungsi lainnya, agar pihak sekolah tidak memberatkan orang tua atau wali murid yang selama ini kerab ada pungutan atau sumbangan yang diminta seara langsung pihak sekolah maupun yang tidak langsung melalui komite sekolah.

Baca Juga :  KTP Tak Siap-siap

Jumlah dana BOS untuk seluruh 195 sekolah dari SD hingga SMA di Provinsi Kepri pada tahun 2016 jumlahnya mencapai Rp 346.239.050.000. Jumlah ini akan meningkat lagi pada 2017 karena Pemprov kepri mengajukan penambahan dana DOS karena ada tambahan dari beberapa sekolah tentang meningkatnya jumlah siswa serta peningkatan jumlah sekolah.

Perolehan dana bos untuk setiap sekolah ini ditentukan oleh banyaknya siswa. Untuk siswa SD dihitung masing-masing mendapat Rp 800.000 per siswa sedangkan siswa SMP mendapat Rp 1.000.000 sementara untuk siswa SMA masing-masing siswanya dihitung mendapat Rp.1.400.000 untuk per tahunnya. Untuk proses penyalurannya, pemerintah pusat menyalurkan pertriwulan dalam setahun atau pencariannya empat bulan sekali.

Baca Juga :  Beras Mahal, Tak Ada Solusi

Pihak sekolah mesti menggunakan dana BOS itu sesuai peraturan yang ditetapkan. Apabila melakukan pelanggaran maka akan diselidiki sesuai hukum yang berlaku dan akan dikenakan sanksi.

Untuk sekolah negeri dari SD hingga SMA di Kepri semuanya mendapatkan alokasi dana BOS. Hanya saja, untuk beberapa sekolah swasta di Kepri ada sebagian yang tidak dapat alokasi dana BOS karena beberapa alasan, seperti menolak pengaloaksian dana BOS serta ada juga karena sekolah swasta itu belum punya izin operasional.

Dana BOS hanya bisa digunakan untuk 13 kegiatan di sekolah.
Gunanya untuk perpustakaan, penerimaan siwa baru, kegiatan ekstrakurikuler dan pembelajaran, ujian dan ulangan, belanja, belanja barang habis pakai, langganan dan jasa listrik-internet-telepon, rehap ringan terkait pemeliharaan sekolah, pembayaran honor guru, membantu siswa miskin, pengelolaan insentif- biaya transportasi terkait pengambilan dana BOS, pembelian dan perawatan komputer, pengembangan frofesi guru dan biaya lain seperti obat-obatan. (jek)

Baca Juga :  Setelah Virus Difteri, Lalu Apalagi?

Muhd Dali
Kabid Pendidikan Menengah dan Tinggi Disdik Kepri

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here