Dana Reklamasi Bauksit Pindah ke Bank Negara

0
698
Aktivitas tambang bauksit sekitar Jembatan Gugus Sei Carang Tanjungpinang yang menunggu kapal tongkang dibuat dan untuk di ekspor. F-ADLY BARA HANANI/tanjungpinang pos

Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) telah mengeluarkan surat edaran agar seluruh dana jaminan reklamasi tambang tersimpan di bank milik pemerintah daerah untuk dialihkan ke bank milik pemerintah.

TANJUNGPINANG – Hal tersebut disampaikan, Kepala Dinas ESDM Provinsi Kepri Amjon di halaman Kantor Gubernur Kepri, Dompak, Kamis kemarin. Sambung Amjon, bank pemerintah yang dimaksud dalam surat edaran tersebut yakni Bank BTN, BRI, BNI, dan Bank Mandiri.

”Sesuai surat edaran ESDM, selain empat bank itu tidak boleh. Dan itu wajib untuk dipindahkan,” ujarnya.

Baca Juga :  Pemprov Batal Bangun Fasum Teluk Keriting

Saat ini lanjutnya, kembali sudah menyurati dan mempertegas pemerintah kabupaten/kota yang menyimpan dana jaminan reklamasi tersebut. ”Sudah dua minggu yang lalu kita surati. Sekarang kita tinggal tunggu action mereka saja,” sebutnya.

Ia berharap, pemerintah daerah dapat segera mengalihkan dana jaminan reklamasi itu salah satu bank milik pemerintah, sesuai dengan arahan dari Menteri ESDM. Agar perusahaan dapat segera melakukan pelaksanaan reklamasi pasca tambang. Apalagi kata dia, untuk pencairan dana tersebut juga telah dialihkan dari yang sebelumnya bupati/wali kota ke perusahaan kini telah beralih ke Gubernur ke perusahaan.

Baca Juga :  Tapping Box Mulai Dipasang

”Kita berharap dapat segera. Saran kami supaya daerah tidak terjadi kolaps karena dana itu dialihkan, kita minta pemindahan itu dilakukan secara bertahaplah,” sarannya demikian. (SUHARDI)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here