Danlanal Natuna Lepas Yacht Fukumaru

0
831
YACHTER Fukumaru foto bersama Danlanal Ranai Kolonel Laut (P) Harry Setiawan SE dan pejabat terkait seperti Imigrasi dan Kesyahbandaran Ranai F-ISTIMEWA

NATUNA – Komandan Lanal Ranai Kolonel Laut (P) Harry Setyawan, S.E akhirnya melepas Yachter Fukumaru, Senin (11/6). Sebelumnya, Yacht Fukumaru mengalami kerusakan mesin sejak 23 Mei 2018 dan meminta meminta bantuan pertolongan di perairan Midai Kabupaten Natuna.

Setelah mendapatkan pertolongan, ketiga awak Yacht Fukumaru berhasil dievakuasi oleh Pos TNI Angkatan Laut (Posal Midai) dan di bawa ke Pelabuhan Penagi untuk diperbaiki.

“Jadi pada tanggal 8 Juni 2018, kapal Yacht Fukumaru selesai perbaikan. Setelah itu, tanggal 9 Juni 2018 setelah menyelesaikan administrasi pelayaran berupa Surat Persetujuan Berlayar (SPB) dari Syahbandar Ranai. Awak Fukumaru juga selesai mengurus Exit Permit/Clearence dari Imigrasi Ranai, dan selanjutnya kapal Yacht Fukumaru secara resmi dilepas kembali,” kata Kolonel Laut (P) Harry Setyawan, melalui rilis persnya, Senin (11/6).

Harry menceritakan, setelah tidak lama diperbaiki ternyata Yacht Fukumaru masih juga mengalami kerusakan. Akhirnya, Yacht tersebut ditarik kembali menggunakan kapal cepat patroli militk Lanal Tarempa Sea Raider ke Pelabuhan Penagi untuk diperbaiki kembali.

“Setelah selesai melaksanakan perbaikan berupa penggantian propeller, pada tanggal 11 Juni 2018 maka pada pukul 09.45 Wib, kapal Yach Fukumaru kembali dilepas oleh saya sendiri,” ungkapnya.

Pelepasan Yacht tersebut, dihadiri oleh Danlanal Ranai Kolonel Laut (P) Harry Setyawan serta petugas Keimigrasian Natuna, petugas Kesyahbandaran Ranai dan petugas Karantina Pelabuhan Ranai.

Sebagai unsur TNI matra laut, Harry menilai pentingnya berpartisipasi dalam mengawal program pemeritahan seperti mendatangkan wisatawan lewat event Yacht setiap tahunnya. Keamanan laut perlu menjadi perhatian, terutama wilayah Natuna yang kini mulai disoroti untuk kawasan pariwisatanya. (hrd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here